Dinamika perkembangan Tari Mung Dhe Nganjuk 1970-2019 dan nilai-nilai karakter yang termuat di dalamnya
Abstract
Mung Dhe dance comes from Garu Village, Baron District, Nganjuk Regency is a dance with the theme of heroism and love for the country. This dance movement depicts the movements of a soldier who is fighting and practicing the sword. Apart from being a means of entertainment, this dance was also used as a means of struggle. This dance was created as a form of disguise for Diponegoro soldiers in gathering their friends who were separated after losing the Java War. This disguise was done so that the Dutch would not find out. In the 1970s Mung Dhe dance was re-introduced after a vacum due to japaneese rule in Indonesia. But, after 1982 Mung Dhe Dance began to experience many developments and further increased its existence in the Nganjuk community. Mung Dhe dance also contains character education values in it. The problems discussed in this study are: (1) the history of the birth of Mung Dhe Dance in Nganjuk Regency. (2) The development of Mung Dhe Dance in 1982-2019. (3) The way the Mung Dhe dance is performed and character values contained therein. This study uses historical research methods and data collection in the form of library research, and interviews.
Tari Mung Dhe berasal dari Desa Garu, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk merupakan sebuah tarian yang bertemakan kepahlawanan dan cinta tanah air. Gerakan tari ini menggambarkan gerakan seorang prajurit yang sedang berperang dan berlatih pedang. Selain menjadi sarana hiburan, tari ini dulu juga digunakan sebagai sarana perjuangan. Tarian ini diciptakan sebagai bentuk penyamaran prajurit Diponegoro dalam mengumpulkan teman-temannya yang terpisah akibat kalah dalam Perang Jawa. Penyamaran ini dilakukan agar tidak diketahui oleh pihak Belanda. Pada tahun 1970-an tari Mung Dhe diperkenalkan kembali setelah vakum akibat kekuasaan Jepang di Indonesia. Akan tetapi, setelah tahun 1982 Tari Mung Dhe mulai mengalami banyak perkembangan dan lebih meningkatkan eksistensinya di masyarakat Nganjuk. Tari Mung Dhe juga mengandung nilai-nilai pendidikan karakter didalamnya. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) sejarah lahirnya Tari Mung Dhe di Kabupaten Nganjuk. (2) Perkembangan kesenian Tari Mung Dhe tahun 1970-2019. (3) Cara pementasan Tari Mung Dhe dan muatan nilai karakter yang terkandung di dalamya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dan pengambilan data berupa library research, dan wawancara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjarsari, N. (2015). Fungsi Tari Mung Dhe dalam pengembangan aset wisata di Kabupaten Nganjuk (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Surakarta). Retrieved from http://repository.isi-ska.ac.id/66/
Dewi, V. M. (2020). Pangeran Diponegoro dalam Perang Jawa 1825-1830. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 2(2), 147-158.
Kuntowijoyo. (2013). Pengantar ilmu sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Mahardika, A. A. (2015). Tari Orek-Orek di Kabupaten Ngawi Tahun 1981-2014. Avatara, 3(3), 534-545.
Pradhana, E. K. A. (2013). Fungsi Seni Tayub dalam Masyarakat di Dusun Ngrajek Desa Sambirejo Kecamatan Tanjung Anom Kabupaten Nganjuk. AntroUnairdotNet, 2(1), 197-206.
Pratikto, D. (2018). Penelusuran bentuk arsitektur bangunan stasiun kereta api jaman kolonial di Yogjakarta. Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur, 22(26).
Setiyaningrum, A. (2016). Sejarah perkembangan Seni Tari Mung Dhe di Kabupaten Nganjuk pada tahun 1982-2000. Avatara, 4(1), 181-192.
Sugito. (2020). Wawancara “Tari Mung Dhe abad ke-19”.
Supriani, S. H. (1993). Tari Mung Dhe Di Desa Garu Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Dalam Hubungannya Dengan Program Sadar Wisata. (Skripsi tidak diterbitkan) IKIP Surabaya.
Yuliansyah, H. (2018). Simbol Diskursif dan presentasional dalam iklan “Indonesia Milik Siapa?”. Panggung, 28(2), 188-199.
Zuhdi, U., Hermawan, P., Putro, U. S., Utomo, D. S., & Alamanda, D. T. (2017). Aplikasi GMCR Untuk Resolusi Konflik (Studi Kasus: Perang Diponegoro (The JavaWar/De Java Oorlog). Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik, 1(2), 20-37.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v1i42021p441-451
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Historiography: Journal of Indonesian History and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JOIN Indexed By: