Pengembangan media historiografis interaktif berbasis Adobe Flash tentang Candi Surawana untuk kelas X SMK Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang
Abstract
Study atmosphere and learning process must arranged that student potential can’t touched so that it can grow and useful in the future. In historical learning the still one in material lesson student worksheet actually still not meet effectiveness that can convey the meaning of the material. This research done with the aim of developming media historiography interactive use assistance software Adobe Flash about Surawana Temple in clas X SMK Diponegoro Tumpang Regency Malang. Types of research used is research R&D (Research and Development). Researcher try to make new media infographic interactive packaged in shape application that can be installed at smartphone each student. Validation result by material experts show result 90.0 percent (very valid) while validation media product show result 92.5 percent (very valid). For testing small group show percentange as large as 79.5 percent (effective) while the large group trial show percentange result 86.9 percent (verry effective). The result can draw that use media historiography interactive based on Adobe Flash about Surawana temple is very proper used learning history at SMK Diponegoro Tumpang regency Malang.
Suasana belajar dan proses pembelajaran harus disusun agar potensi siswa dapat tersentuh sehingga dapat berkembang dan bermanfaat di masa yang akan datang. Dalam pelajaran sejarah yang masih berpacu pada bahan ajar lembar kerja siswa sesungguhnya masih belum menemui keefektifan yang dapat menyampaikan maksud daripada materi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan media historiografis interaktif memanfaatkan bantuan software Adobe Flash tentang materi Candi Surawana pada kelas X SMK Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development). Peneliti mencoba membuat media baru berupa infografis interaktif yang dikemas dalam bentuk aplikasi yang bisa diinstal di smartphone masing-masing siswa. Hasil validasi produk oleh ahli materi menunjukkan hasil 90.0 persen (sangat valid) sedangkan validasi ahli media menunjukkaan hasil 92.5 persen (sangat valid). Untuk hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan persentase sebesar 79.5 persen (efektif) sedangkan uji coba kelompok besar menunjukkan persentase sebesar 86.9 persen (sangat efektif). Dari hasil tersesbut dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media historiografis interaktif berbasis Adobe Flash tentang Candi Surawana sangat layak untuk dipakai dalam pembelajaran sejarah di SMK Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Aldila, T. H. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Indonesia Berbentuk Infografis Materi Sejarah Kerajaan Islam di Jawa dan Akulturasinya Kelas X MIIA Tahun Ajaran 2015/2016 di SMA Negeri 2 Kudus. 4(1), 55–61.
Aman, M. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Ombak.
Darmawan, D. (2012). Inovasi pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Efendi, M. Y., Lutfi, I., Utami, I. W. P., & Jati, S. S. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Card (Arc) Candi–Candi Masa Singhasari Berbasis Unity3D pada Pokok Materi Peninggalan Kerajaan Singhasari untuk Peserta Didik Kelas X KPR1 SMK Negeri 11 Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p176
Handoko, M. T. (2018). Pengembangan Media Infografis untuk Pembelajaran berbasis Sejarah Daerah Menampilkan Eksistensi Candi Songgoriti di SMK Ardjuna 2 Malang. Universitas Negeri Malang.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.
Jantari, K. H., & Bain, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Handout Materi KH. Ahmad Rifa’i dalam Pembelajaran Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia di SMA Negeri 1 Bandar. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 40–49.
Lee, C. (2018). Belajar visualisasi data dengan grafis dan infografis step-by-step. PT. Elex Media Komputindo.
Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaraan. Remaja Rosdakarya.
Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443
Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9. https://www.jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/IQRA/article/view/259/1335
Nurtantio, P., & Syarif, A. M. (2013). Kreasikan animasi-mu dengan adobe flash dalam membuat sistem multimedia interaktif. Andi Offset.
Sagala, S. (2017). Konsep dan makna pembelajaran : untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Penerbit Alfabeta.
Saidillah, A. (2018). Kesulitan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 214–235. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p214
Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 7(1), 9–17. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe%0APENGARUH
Sedyawati, E., Santiko, H., Djafar, H., Maulana, R., Ramelan, W. D. S., & Ashari, C. (2013). Candi Indonesia : Seri Jawa. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2016). etode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi pembelajaran : teori dan aplikasi. Ar-Ruzz Media.
Warsita, B. (2018). Teknologi pembelajaran : Landasan dan aplikasinya. Rineka Cipta.
Widja, I. G. (2018). Pembelajaran Sejarah Yang Mencerdaskan Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Jaman yang Berubah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 117–134. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p117
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v3i12023p59-72
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JOIN Indexed By: