PELATIHAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SEPEDA MOTOR BAGI PEMUDA KARANG TARUNA UNTUK PERINTISAN WIRAUSAHA BARU

Abdul kolik

Abstract


Abstrak. Semakin  banyaknya masyarakat desa memiliki  sepeda motor,  tentu membuka  peluang  terhadap  berbagai usaha khususnya di bidang perbengkelan. Hal ini dikarenakan sepeda motor memerlukan perawatan rutin secara berkala. Peluang ini jika dimanfaatkan oleh pemuda karang taruna, maka dapat menjadi solusi untuk mengentaskan kemiskinan dan masalah pengangguran khususnya bagi pemuda Desa Bangoan yang secara umum masyarakatnya memiliki sepeda motor. Hasil observasi awal dan  analisis  terhadap  situasi  yang  ada  terhadap karang taruna menunjukkan bahwa kemauan  untuk bekerja  sangat  tinggi,  sementara  pasar tenaga  kerja  sangat  terbatas  dengan tingkat persaingan semakin tinggi, dan kemauan membuka  usaha mandiri  cukup tinggi,  sementara  modal  usaha,  jiwa wirausaha,  dan  etos  kerja  yang dimiliki masih kurang. Dalam rangka membantu terwujudnya pembangunan kesejahteraan sosial generasi muda di desa yang dilaksanakan secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan oleh “karang taruna” bersama pemerintah desa, maka Tim Satgas LP2M UM melakukan  pelatihan perawatan dan perbaikan sepeda motor bagi pemuda Karang Taruna Desa Bangoan ,Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Peserta pelatihan sebanyak 20 orang pemuda karang taruna yang mayoritas tamatan SMA dan SMK. Tujuan Pelatihan adalah memberikan pemahaman dan keterampilan bidang servis sepeda motor dan sekaligus memberikan peluang kepada karang taruna untuk mengembangkan wirausaha baru dibidang perbengkelan sepeda motor. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa setelah dilakukan pelatihan service sepeda motor selama 2 hari menunjukkan bahwa para pemuda karang taruna mampu memahami dan memiliki keterampilan tentang cara menservice sepeda motor. Jenis sepeda motor yang dilatihkan untuk di service adalah jenis sepeda motor matic dan konvensional dari berbagai merek diantaranya Merk Honda dan Yamaha. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini pemuda karang taruna mampu mendirikan bengkel service sepeda motor sebagai rintisan wirausaha baru di desanya.

Kata Kunci:  pelatihan, keterampilan, servis sepeda motor, wirausaha baru


Full Text:

PDF

References


http://desawisatakarangpakis.blogspot.com/2016/03/pengertian-tujuan-tugas-pokok-fungsi.html. Diakses: 17 Agustus 2020.

Lestari, Dwi. 2019. Wawancara Pra Pengabdian Masyarakat Tentang Service Sepeda Motor Bagi Karang Taruna di Desa Bangoan dengan Sekretaris Desa. Bangoan: 26 Agustus 2019

Panggabean, Mutiara.S. 2004. Manajemen Sumber daya Manusia. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Rivai, Veithzal dan Murni, Sylviana. 2010. Education Management (Analisis teori dan Praktik). Jakarta: raja Grafindo Persada.

Setyo, B. N. 2005. Modul Tune-up Sepeda Motor, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta: Yogakarta.

Soni, S. S. 2009. Troubleshooting mesin-mesin bensin: Makalah dalam Workshop Joint Task 40/ERIA, Tsukuba.

Tricahyo, Karyani. 2019. Wawancara Pra Pengabdian Masyarakat Tentang Service Sepeda Motor Bagi Karang Taruna di Desa Bangoan dengan Sekretaris Desa. Bangoan: 26 Agustus 2019

Wardana, I.N.G. 2008. Bahan Bakar dan Teknologi Pembakaran (Cetakan Pertama). PT. Danar Wijaya – Brawijaya University Press, Malang, November 2008.

Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.