DISEMINASI TEKNOLOGI ALAT CUCI TANGAN CERDAS HIGIENIS SEBAGAI SARANA EDUKASI PENCEGAHAN COVID-19 DI DESA PAKISJAJAR KABUPATEN MALANG

Agus Suyetno

Abstract


Abstrak. Provinsi Jawa Timur termasuk kedalam provinsi yang memiliki angka pasien positif Covid-19 terbesar ke dua di indonesia, Kabupaten Malang yang merupakan bagian dari provinsi Jawa Timur memiliki potensi besar dalam penularan Covid-19. Potensi tersebut juga diperkuat dengan data bahwa di Kabupaten Malang terdapat pasien positif Covid-19 yang dapat menjadi ancaman penularan jika tidak disikapi dengan serius. Melihat fenomena ini perlu dilakukan upaya pengembangan dan pemanfaatan alat cuci tangan cerdas di Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilakukan dengan metode 1) Sosialisasi kepada masyarakat mengenai dampak virus Covid-19 dan cara mencuci tangan yang benar untuk memutus mata rantai penulaan Covid-19 2) Praktik cara menggunakan alat cuci tangan cedas higienis. Tujuan program ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa Pakisjajar kecamatan Pakis Kabupaten Malang mengenai pencegahan penularan virus Covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di laksanakan di Desa Pakisjajar Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dengan mengaplikasikan alat cuci tangan cerdas dan otomatis sebagai sarana edukasi bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: (a) Kesadaran masyarakat untuk disiplin mencuci tangan meningkat karena tersedianya sarana mencuci tangan; (b) Masyarakat menjadi mengerti cara mencuci tangan yang benar karena dipandu oleh instruksi berupa suara yang keluar secara otomatis dari alat; (c) Proses cuci tangan akan lebih higienis karena alat akan bekerja secara otomatis sehingga mengurangi sentuhan langsung antara tangan dengan kran air dan tempat sabun.

Kata Kunci:  Covid-19, Alat Cuci Tangan Cerdas Higienis, Otomatis


Full Text:

PDF

References


Johns Hopkins University & Medicine. 2020. COVID-19 case tracker: Follow global cases and trends. Retrieved from https://coronavirus.jhu.edu.

Mardiyani, Siti A., Hidayatullah, A., dan Sofa, M. Z. 2020. Edukasi Praktek Cuci Tangan Standar WHO dan Peduli Lingkungan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M). Vol. 1(2), hal. 85-91.

Pilarogo, P., Haryatno, J., dan Hidayat, I. 2008. Rancang Bangun Sistem Alat Pencuci dan Pengering Tangan Otomatis Menggunakan Mikrokontroler AT89S52. Jakarta: Telkom University.

Stewart, R. and McDonald, K. 2016. The time taken to wash your hands-a predictor of orthopaedic sub-speciality. International Journal of Surgery, Vol. 36(1), hal. 109-119.

Sukri, H. 2019. Perancangan Mesin Cuci Tangan Otomatis dan Higienis Berbasis Kamera. Journal of Science and Technology (REKAYASA) Vol. 12 (2), hal. 163-167.

World Health Organization. Coronavirus disease (COVID-2019) situation reports. Geneva [Internet]. 2020 [cited 2020 Mar 21]. Available from: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/situation-reports/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.