PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGOLAH DATA MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PERANGKAT DESA

Basuki Basuki, yoto yoto, djoko kustono, Riana Nurmalasasi

Abstract


Abstrak. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merambah hampir seluruh penjuru dunia, termasuk di pelosok desa ditanah air. Namun pemanfaatan teknologi informasi tersebut dirasa belum maksimal di pedesaan. Desa Bangoan adalah Desa yang terletak di Kecamatan Kedungwaru, berjarak sekitar 8 km dari pusat Kabupaten Tulungagung. Desa Bangoan memiliki 3 Dusun, 10 Rukun warga dan 59 Rukun Tetangga dengan jumlah penduduk desa per 31 Agustus 2019 berjumlah 10.596 jiwa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara tanggal 26 Agustus 2019 dengan Sekretaris Desa dan Kepala Urusan pmbangunan, beliau menyatakan bahwa di desa tersebut hanya 2 orang dari 15 orang perangkat desa yang mampu mengoperasikan komputer, itupun hanya sebatas membuat surat dan mengolah data sederhana, belum memanfaatkan teknologi komputer untuk mengelola data dan arsip desa secara maksimal.Dalam rangka membantu penerapan dan pemanfaatan teknologi di wilayah Desa Bangoan, Tim Satgas Universitas Negeri Malang melakukan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan komputer bagi perangkat Desa Bangoan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.Hasil kegiatan menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan bagi para peserta pelatihan setelah mengikuti pelatihan komputer yang diselenggarakan oleh Tim Satgas. Para peserta pasca mengikuti pelatihan mampu mengoperasikan komputer untuk mengolah, menyimpan, dan mengirim data untuk keperluan pelayanan publik.

Kata Kunci:  pelatihan, keterampilan komputer, perangkat desa


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika. 2019. Kecamatan Kedungdowo dalam Angka: Kedungdowo in Figure 2019. Tulungagung: Badan Pusat Statistika Kabupaten Tulungagung.

Made I. D., Joni A.B., & Permana I.P.H. 2017. Pengelolaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan Sistem Informasi Manajemen. LONTAR KOMPUTER, 8 (2)

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2006 tentang Pedoman Administrasi Desa

Tona A. L., Junaidi. 2016. Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah Vol. 3 No. 3

https://www.sevenmediatech.co.id/blog/view/manfaat-teknologi-informasi-pada-bidang-pemerintahan-atau-e-government. DiaksesTanggal:16 Maret 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.