PENGEMBANGAN POTENSI WISATA KAWASAN BEDENGAN DENGAN PEMBANGUNAN FASILITAS RUMAH POHON UNTUK WISATAWAN

Eddy Sutadji

Abstract


Abstrak. Sektor pariwisata di Indonesia senantiasa terus dikembangkan dari tahun ke tahun. Salah satu sektor yang sedang gencar-gencarnya dikembangkan yaitu potensi desa wisata di berbagai daerah di Indonesia. Desa Selorejo Kecamatan Dau menjadi salah satu desa yang sedang dalam proses dikembangkan menjadi desa wisata yang memiliki daya jual dan saing yang tinggi. Adapun potensi yang masih bisa dikembangkan lagi di Desa Selorejo selain wisata petik jeruk yaitu wisata edukasi pertanian, wisata sungai, dan wisata Bedengan. Untuk wisata Bedengan sendiri, terdapat beberapa aspek yang bisa dikembangkan. Salah satunya pemanfaatan hutan pinus sebagai sarana wisata dengan pembangunan rumah pohon. Berdasarkan hasil pengembangan potensi wisata pada kawasan Bedengan dengan pembangunan rumah pohon dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan jumlah pengunjung dengan tujuan berwisata. Jika sebelumnya mayoritas pengunjung hanya bertujuan untuk berkemah, setelah adanya pengembangan fasilitas di kawasan Bedengan menjadikan para pengunjung memiliki opsi untuk berwisata alam. Hal ini diperkuat dengan adanya peningkatan pengunjung sekedar wisatawan 38%.

Kata Kunci: pengembangan, potensi, wisata, Bedengan, rumah pohon


Full Text:

PDF

References


Andriyani, Anak Agung Istri; Martono, Edhi, Muhamad. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah. Jurnal Ketahanan Nasional. 23(1): 1-16.

Zakaria, Faris & Suprihardjo, Rima Dewi. 2014. Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bendungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Jurnal Teknik Pomits. 3(2): 245-249.

Prabowo, Septofera Eresus; Hamid, Djamhur; & Prasetya, Arik. 2016. Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam pengembangan Wisata. Jurnal Administrasi Bisnis. 33(2): 18-24.

A’inun N, Fildzah; Krisnani, Hetty; & Darwis, Rudi Saprudin. 2015. Prosiding KS: Riset & PKM. 2(3): 341-346.

Tyas, Ninik Wahyuning & Damayanti, Maya. 2018. Potensi Pengembangan Desa Kliwonan sebagai Desa Wisata Batik di Kabupaten Sragen. Journal of Regional and Rural Development Planning. 2(1): 74-89.

Atmoko, T Prasetyo Hadi. 2014. Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman. Jurnal Media Wisata. 12(2): 146-154.

Muallisin, I. 2007. Model Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Bappeda Kota Yogyakarta. 1(1): 5-15.

Suansri, P. 2003. Community Based Tourism Handbook. Thailand: Rest Project.

Gunn, C. A. & Var, T. 2002. Tourism Planning: Basics, Concepts, Cases. London: Routledge.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.