Self Image Orangtua dalam Memilih Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Studi kasus pada PAUD Ar Ridho Kota Malang)

Cevyana Nafa Izzani, Umi Dayati, M. Ishom Ihsan

Abstract


Abstract: This study aims to determine the parent's Self Image in the selection of audits. The research design used by the researcher is a case study design. This research was conducted in Tarbiyatul Athfal Ar Ridlo, Malang. The key informants selected by the researcher were 4 people, amely the principal and three student guardian. Data collection technique in this study was interviews, document study and observation. Data were analyzed qualitatively which includes the process of data reduction, data display, and verification. Data validity test is done by triangulation techniques and observation extension. The analysis shows that in the view of TA Ar Ridlo's parents are expensive schools that have good quality that raises socialite, fashionable and classy Self Image of parents

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Self Image orangtua dalam pemilihan lembaga PAUD. Rancangan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah rancangan penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Tarbiyatul Athfal Ar Ridlo Kota Malang. Informan kunci penelitian ini sebanyak 4 orang, yaitu kepala sekolah dan tiga walimurid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, studi dokumen dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif yang meliputi proses reduksi data, display data, dan verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi dan perpanjangan pengamatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa menurut pandangan orangtua TA Ar Ridlo merupakan sekolah mahal yang memiliki kualitas baik yang memunculkan Self Image sosialita, fashionable dan berkelas dari orangtua


Keywords


Self Image Orangtua; Pendidikan Anak Usia Dini; berkelas

Full Text:

PDF

References


Ditjen Bimbagais. 1987. Informasi Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam

Fathurrahman, Nanang. 2008. Teaching With Love: Pendekatan Cinta dan Akhlak Mulia Dalam Pembelajaran. Jakarta: Lendean Pustaka.

Jersild, A.T. 1963. The Psychology of Adolescent. New York: The Mc Millan.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Maemunah, Hasan. 2010. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Cet II. Yogyakarta: Diva Press.

Mappiare. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saputri. 2016. Motivasi Orangtua Dalam Memilih Paud Ditinjau Dari Profil Lembaga Pendidikan. Skripsi Jurusan Pendididkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Semarang.

Schunk, Dale. H. 2012. Learning Theories: An Educational Perspectives, 6th Edition. New York: Pearson Education Inc.

Soekanto, Soerjono, 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyuni. 2019. Excellent Service Dimension from the Early Childhood Education Institute. Jurnal Nonformal education, 5(2), 1-12. Dari: Universitas Negeri Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v14i2p85-93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats