Proses Pembelajaran Masyarakat Pada Program Konservasi Tanah

Baruna Setyoningrum, Sopingi Sopingi

Abstract


Abstract: Common purpose of this research are to explained public learning process on preparation step of land conservation at DesaJetisLor. And the special purpose of this research are (1)to explain about the public learning process of land conservation social activity program at DesaJetis Lor (2) to know explain public learning process on large school activity of land conservation program at DesaJetisLor (3) to explain about public learning process on RKTD arrangement activity of land conservation at JetisLor.Qualitative approach case study type use in this research.Collecting data method by interview technique, observation and documentation.Analysis technique by data reduction, data display and conclusion.The result of this result show that (1) there is an informal learning process on program socialization process, (2) there is an nonformal learning process on SLKT program, (3) there is an informal learning process on RKTD arrangement process

Abstrak: Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses pembelajaran masyarakat pada tahap persiapan program konservasi tanah di Desa Jetis Lor. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan proses pembelajaran masyarakat pada kegiatan sosialisasi program konservasi tanah di Jetis Lor (2) untuk menjelaskan  proses pembelajaran masyarakat pada kegiatan sekolah lapang pada program konservasi tanah di Desa Jetis Lor, (3) untuk menjelaskan proses pembelajaran masyarakat pada kegiatan penyusunan RKTD program konservasi tanah di Jetis Lor. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat proses pembelajaran informal di dalam proses sosialisasi program, (2) terdapat proses pembelajaran nonformal di dalam program Sekolah Lapang Konservasi Terpadu (SLKT), (3) terdapat proses pembelajaran informal didalam proses penyusunan Rencana Konservasi Tanah Desa (RKTD).


Keywords


pembelajaran informal; pembelajaran nonformal; konservasi tanah

Full Text:

PDF

References


Basleman, Anisah & Mappa, Syamsu.2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: Rosdakarya.

Faisal, Sanapiah. 1981. Pendidikan Luar Sekolah Didalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional. Surabaya: Usana Offset Printing.

Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta.

Moedzakir, M.D. 2010. Desain dan Model Penelitian Kualitatif. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Soekanto, Soerjono. 1982. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono. 2012. Menggagas Interkoneksi Antar Jalur Pendidikan:

Sinergi Pendidikan Sekolah Dan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Pembangunan Pendidikan Nasional. Naskah disajikan dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Luar Sekolah di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Malang 10 Oktober

Yumi dan Ediningtyas, Dyah. 2012. Sekolah Lapang. Kementerian Kehutanan Badan Penyuluhan Dan Pengembangan SDM Kehutanan.

Zubaedi. 2012. Pendidikan Berbasis Masyarakat Upaya Menawarkan Solusi terhadap Berbagai Problem Sosial.Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v14i2p108-118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats