Gambaran Kebutuhan Pembelajaran Daring PKBM Budi Utama Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19

Novia Nur Kharisma, Maria Veronika Roesminingsih, Suhanadji Suhanadji

Abstract


Abstrak

Pandemi Covid-19 menimbulkan dampak pada perubahan model pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran daring di PKBM Budi Utama berlangsung spontan tanpa persiapan. Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran  kebutuhan pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. 167 peserta didik kesetaraan dan 18 tutor menjadi responden dengan mengisi survei kebutuhan pembelajaran daring melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 88,17% responden menginginkan adanya sosialisasi pembelajaran daring; 69,89% responden memilih pembelajaran daring melalui google classroom; 45,16% memilih model pembelajaran video tutorial; 94,08% membutuhkan sumber internet dari wifi dan paket data dan 82,25% responden khawatir kesulitan memahami pelajaran matematika pembelajaran daring. Simpulan penelitian ini adalah kebutuhan pembelajaran daring di PKBM Budi Utama meliputi media, aplikasi, dan model pembelajaran.


Abstract

 

Covid-19 pandemic has an impact on changing face-to-face learning models to online learning. Online learning in Budi Utama's PKBM took place spontaneously without preparation. The research objective is to provide an overview of the needs of implementing online learning. The study uses a quantitative descriptive approach with survey methods. 167 equality students and 18 tutors became respondents by filling out a survey of online learning needs through Google Form. The results showed that 88.17% of respondents wanted online learning socialization; 69.89% of respondents chose online learning through google classroom; 45.16% chose the video tutorial learning model; 94.08% need internet sources from wifi and data packages and 82.25% of respondents are worried about having difficulty understanding online mathematics learning. The conclusion of this research is the need for online learning in Budi Utama PKBM covering media, applications, and learning models

Keywords


Pandemi Covid 19; Pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Dewi, Wahyu Aji Fatma, 2020. Dampak covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2(1): 55-61

Ditjen GTK. 2016. Petunjuk teknis program peningkatan guru pembelajar moda dalam jaring (Daring). Jakarta.

Hamid, A. A. 2001. e-Learning. The Internet and Higher Education, 4(3-4), 311–316.

Ifakhar, Shampa. Google Classroom: What Works and How?. Journal of Education and Social Sciences. Vol.3: 12-18.

Irfan, Fahmi. 2019. Pengembangan E-learning untuk Pembelajaran Sekolah Nonformal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 7(2): 29-36

Isman. 2018. Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda daring). The progressive and Fun Education Seminar. 586-588

Khusniyah, N., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33.

Korsman, S. N. J., Van Zyl G. U., Nutt, L., Anderson, MI., Presier, W. 2012. Virology. Chins: Churchill Livingston Elsevier.

Kustiani, Ika. 2019. Persepsi peserta program PS PPI Unila mengenai Aplikasi Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Keinsinyuran 2019.

Ni’mah, Faiqotul Izzatin. 2016. Manajemen Pembelejaran Jarak Jauh (Distance Learning) pada Homeschooling “Sekolah Dola”. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 25(1): 112-119

Nofita, Neni Ana. 2013. Hambatan-hambatan Warga Belajar dalam Proses Pembelajaran Program Paket C di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Spektrum PLS. Vol. 1(1): 144-160

Pangondian, Roman Andrianto, Paulus Insap Santoso, dan Eko Nugroho. 2019. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. SAINTEKS 2019: 56-60

Parwanto, 2020. Virus corona (2019-nCoV) penyebab COVID-19). Editorial jurnal Biomedika dan kesehatan. Vol. 3(1).

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. 2020. Panduan praktisi klinis: Pneumonia 2019-nCoV. Jakarta: PDPI

Rimbarizki, Rimbun. 2017. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pioneer Karanganyar. E-journal Unesa tahun 2017.

Rusdiana, Emmilia dan Arinto Nugroho. 2020. Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik. Vol. 31(1): 1-12

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wang, Z., Qiang, W., Ke, H, 2020. Ahandbook of 2019-nCoV Penumonia Control and Prevention. China: Hubei Science and Technologi Press.

Wicaksono, Vicky Dwi dan Putri Rachmadyanti. 2018. Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa.

Yuliana, 2020. Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine. Vol. 2(1): 187-192




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v15i1p38-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats