Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Partisipasi Orang Tua Dalam Mengikut Program Parenting Education Di Lembaga PAUD

Anggia Listyaningrum, Sucipto Sucipto, Suripan Suripan

Abstract


Abstrak

Parenting education merupakan program yang melibatkan partisipasi orang tua wali murid. Parenting education sudah banyak diselenggarakan di lembaga-lembaga sekolah maupun program-program yang dikelola oleh swasta. Banyaknya lembaga yang telah menyelenggarakan program ini ternyata tidak selalu diikuti dengan partisipasi yang baik oleh wali murid. Di Kota Malang terdapat beberapa lembaga yang dapat dikatakan memiliki partisipasi wali murid yang cenderung stabil untuk setiap pertemuan rutin program parenting education. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang faktor dominan apa yang mempengaruhi partisipasi orang tua dalam program parenting education di lembaga-lembaga paud di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi partisipasi orang tua adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang dominan adalah (1) selalu ingin mengetahui perkembangan anak di sekolah, (2) ingin menambah relasi/teman sesama orang tua, (3) senang bertukar pikiran dengan orang tua lain tentang pengasuhan anak, (4) ingin belajar memberi perhatian khusus pada anak, sedangkan faktor eksternal yang dominan adalah (a) guru-guru di sekolah sangat ramah dan selalu menyambut baik ketika kegiatan parenting, (b) tempat yang digunakan untuk acara parenting kondusif, (c) narasumber pada setiap kegiatan parenting mampu memberikan pemahaman materi dengan cara yang baik,  (d) materi-materi yang disajikan pada kegiatan parenting sangat bervariatif dan sesuai dengan kebutuhan.

 Abstract

Parenting education is a program that involves the participation of students' parents. Parenting education has been widely held in school institutions and programs managed by the private sector. The number of institutions that have implemented this program has not always been followed by good participation by the parents. In Malang City, there are several institutions that can be said to have the participation of parents who tend to be stable for every routine meeting of the parenting education program. This study aims to determine what dominant factors influence parental participation in parenting education programs in paud institutions in Malang City. The research method used is quantitative with descriptive analysis. The results of this study indicate that the factors affecting parental participation are internal and external factors. The dominant internal factors are (1) always want to know the development of children in school, (2) want to add relationships / friends with fellow parents, (3) like to exchange ideas with other parents about childcare, (4) want to learn to pay special attention in children, while the dominant external factors are (a) teachers in schools are very friendly and always welcome when parenting activities, (b) the place used for parenting events is conducive, (c) resource persons in each parenting activity are able to provide material understanding in a good way, (d) the materials presented in parenting activities are very varied and in accordance with the needs.


Keywords


partisipasi; parenting education; PAUD

Full Text:

PDF

References


Andani, F. D., Rasyad, A., & Ihsan, M. I. (2016). Manajemen Program Parenting Education Pada Ra Al-Ikhlas Kepanjen Malang. 12.

Dwiningrum, S. I. A. (2011). Desentralisasi dan partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Pustaka Pelajar.

Halimah, M., Krisnani, H., & Fedryansyah, M. (2015). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Pengelolaan Sampah. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13272

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. 3(1), 12.

Listyaningrum, R. A. (2013). Hubungan Pekerjaan Orangtua Dengan Tingkat Partisipasi Dalam Parenting Education Di Paud Tunas Cendekia 17-2 Kota Madiun. SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 0(0), Article 0. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/PLS/article/view/26489

Mardikanto, T. (2013). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alfabeta

Mauanah, S. N., & Suprijono, A. (2016). Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga. 04, 10.

Mulyasa, E. (2003). Menjadi kepala sekolah profesional: Dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Remaja Rosdakarya.

Nugraheni, S. (2014). Persepsi Dan Partisipasi Orang Tua Terhadap Lembaga Paud Sebagai Tempat Pendidikan Untuk Anak Usia Dini (Studi Pada Orang Tua Di Desa Tragung Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang). 9.

Rohinah. (2016). Parenting Education sebagai Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Keluarga. GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1).

Saromah, O. (2018). Optimalisasi Partisipasi Orang Tua Melalui Program Parenting Di Lembaga Paud Srikandi. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 43. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.908

Triatna, C. (2015). Perilaku Organisasi dalam Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v15i2p74-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats