Evaluasi Model Kirkpatrick Level 1, 2, dan 3 pada Diklat Microsoft Office di Balai Diklat Keuangan Makassar

Azwar Iskandar, Tenry Nur Amriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kepuasan peserta diklat terhadap pengajar dan penyelenggaraa pendidikan dan pelatihan; melakukan evaluasi terhadap learning gain  atau peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan sikap peserta setelah mengikuti pelatihan; menganalisis dan mengevaluasi implementasi hasil diklat dalam rangka peningkatan kompetensi dan kinerja alumni; dan mengetahui kendala signifikan yang menyebabkan hasil diklat tidak dapat mendukung peningkatan kompetensi dan kinerja alumni setelah kembali ke unit kerja. Penelitian ini  menggunakan teknik statistik deskriptif dengan pendekatan model Evaluasi Kirkpatrick Level 1, 2 dan 3 melalui instrumen penelitian berupa kuesioner. Temuan penelitian ini adalah (1) keseluruhan aspek evaluasi penyelenggaraan dan pengajar dinilai oleh peserta dengan kategori Sangat Baik meskipun belum dapat memenuhi tingkat harapan dari peserta; (2) seluruh peserta telah mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan keterampilan setelah mengikuti pelatihan; (3) implementasi hasil diklat mampu meningkatkan kompetensi alumni dalam mendukung pekerjaan alumni setelah kembali ke unit kerja; (4) kendala terbesar yang dialami alumni dalam penerapan materi diklat di tempat kerja adalah bahwa materi diklat tidak sepenuhnya diterapkan dan dibutuhkan di lingkungan kerja.

 

This study aims to evaluate the satisfaction of training participants towards trainners and organizers of training; evaluating learning gain or improving participants' skills, knowledge, and attitude after training; analyzing and evaluating the implementation of training results in order to improve the competence and performance of alumni; and know the significant obstacles that cause the results of training can not support the improvement of competence and performance of alumni after returning to the office. This study used descriptive statistical techniques with the approach of Kirkpatrick Evaluation model Level 1, 2 and 3 through research instruments in the form of questionnaires. The findings of this study are (1) the overall evaluation aspects of organizing and trainers are assessed by participants with excellent categories even though they have not been able to meet the expectation levels of the participants; (2) all participants have gained additional knowledge and skills after attending the training; (3) the implementation of training results is able to improve the competence of alumni in supporting alumni's work after returning to the office; (4) The biggest obstacle experienced by alumni in the application of training materials in the workplace is that the training material is not fully applied and needed in the work environment.


Keywords


model; kirkpatrick, diklat; microsoft office

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Jabar, C.S.A. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Bucki, L. A., Walkenbach, J., Wempen, F., Alexander, M., & Kusleika, D. (2013). Microsoft Office 2013 Bible. In John Wiley & Sons, Inc

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS-Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartini, H (2017). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar Melalui Pembinaan Konsep Dan Implementasi Media Presentasi Microsoft Powerpoint Di Sma Negeri 1 Banjarmasin. Jurnal Vidya Karya, 32(2), 178-189

Hartono, J. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. Yogyakarta: BPFE.

Iskandar, A. (2019). Evaluasi Diklat ASN Model Kirkpatrick (Studi Kasus Pelatihan Effective Negotiation Skill Balai Diklat Keuangan Makassar). Jurnal Pendidikan, 20(1), 18-39.

Iskandar, A., & Amriani, T. N. (2019). Implementasi evaluasi pasca pembelajaran model Kirkpatrick level 1, 2 dan 3 pada pelatihan bendahara pengeluaran di Balai Diklat Keuangan Makassar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 7(2).

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J.D. (2008). Evaluating Training Programs. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers,Inc.

Mathis, R. (2010). Human Resource Management. In Human Resource Management.

Noe, R. A. (2010). Employee Training and Development, 5e (B. Gordon (ed.); 5th ed.). Paul Ducham

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian, Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Sopacua, E., & Budijanto, D. (2007). Evaluasi 4 Tahap dari Kirkpatrick sebagai Alat Dalam Evaluasi Pasca Pelatihan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, Vol. 10, No.4.

Sugiyono, (2005). Metode Penelitian Bisnis.Bandung: Alfabeta.

Triton, P.B. (2005). Riset Statistik Parametrik : SPSS13.00 for windows. Yogyakarta : Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v15i2p88-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats