PENGASUHAN IBU BERPERAN GANDA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA 2-4 TAHUN

Lenny Herdina, Ach Rasyad, Hardika Hardika

Abstract


Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan pengasuhan anak oleh ibu berperan ganda dalam membentuk kemandirian anak usia 2-4 tahun,(2) mendeskripsikan tingkat kemandirian anak usia 2-4 tahun yang diasuh oleh ibu berperan ganda di Palm Kids Prechool Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase. Hasilnya bahwa (1) 61,5% adalah ibu berperan ganda yang melaksanakan pengasuhan otoritatif terhadap anak usia 2-4 tahun dengan baik, (2) 69,2% adalah anak usia 2-4 tahun yang diasuh oleh ibu berperan ganda memiliki tingkat kemandirian yang tinggi. Dari keseluruhan responden, 33,3% adalah anak usia 2-4 tahun yang memiliki kecenderungan aspek kemandirian sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan aspek kemandirian lainnya.


Keywords


pengasuhan;ibu berperan ganda;kemandirian;anak usia 2-4 tahun

References


Abror, A. J. 2009. Pola Asuh Orang Tua Karir dalam Mendidik Anak (Studi Kasus Keluarga Sunaryadi, Komplek TNI AU Blok K No 12 Lanud Adisutjipto Yogyakarta). (Online). (http://digilib.uin-suka.ac.id/2878/1/BAB%20I,%20IV.pdf), diakses 18 April 2016.

Badan Pusat Statistik. 2014. Pencari Kerja Terdaftar, Lowongan Kerja Terdaftar, dan Penempatan/Pemenuhan Tenaga Kerja Menurut Provinsi dan Jenis Kelamin, 2000-2014. (Online), (http://www.bps.go.id), diakses 12 Februari 2016.

Brooks, J. 2011. The Process Of Parenting. Edisi 8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dariyo, A. 2011. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama (Psikologi Atitama). Bandung: PT. Refika Aditama.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gunarsa, S. D., 2001. Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Penerbit Kencana Prenadamedia Group.

Mariyam & Apisah. 2008. Hubungan Antara Status Pekerjaan Ibu dan Tingkat Kemandirian Anak Usia Prasekolah Di Desa Prapag Lor Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Jurnal Keperawatan, (Online), Vol. 2 (1), (http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/FIKkeS/article/view/230),diakses 20 Desember 2015.

Nirwana, A B. 2011. Psikologi Ibu, Bayi dan Anak. Bantul: Nuha Medika.

Purba, I H. 2011. Perbedaan Pola Asuh Anak oleh Ibu yang Bekerja dan Ibu yang Tidak Bekerja pada Suku Jawa di Desa Kedai Damar Kecamatan Tebing Tinggi. Abstrak (Online). (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/28073/7/Cover.pdf), diakses 18 April 2016.

Santrock, J W. 2011. Masa Perkembangan Anak: Children. Buku 2, Edisi 11. Jakarta: Salemba Humanika.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiryadi, Sri Samiwasi. 2014. Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Pembentukan Kemandirian Anak Down Syndrome X Kelas D1/C1 Di SLB Negeri 2 Padang (Studi Kasus Di SLB Negeri 2 Padang). Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Vol 3 No 3 Sep 2014.

Yulia, Anna. 2007. Working Mom & Kids. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v12i1p1-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats