POLA PENGASUHAN IBU BEKERJA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Voni Ramadhani Santoso, Zulkarnain Nasution, Endang Sri Redjeki

Abstract


Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan pola pengasuhan yang diterapkan ibu yang bekerja dalam menstimulasi perkembangan anak usia dini, (2) mendeskripsikan stimulasi yang diberikan ibu bekerja untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif, fisik, bahasa, sosial emosional, nilai-nilai agama, dan perkembangan seni anak usia dini di PAUD Islam Terpadu Robbani Singosari. Metode penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) pola pengasuhan yang diterapkan ke 30 ibu bekerja baik yang bekerja wiraswasta, swasta, dan PNS adalah pola pengasuhan demokratis, (2) stimulasi yang diberikan ibu bekerja untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini dengan persentase tertinggi yaitu stimulasi pada perkembangan nilai-nilai agama yang tergolong kategori sangat baik dengan presentase 76%. Stimulasi yang diberikan ibu bekerja untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif yaitu 52%, fisik 41%, bahasa 40%, sosial emosional 44%, dan seni 45% yang secara keseluruhan tergolong cukup baik.


Keywords


pola pengasuhan; ibu bekerja, stimulasi; perkembangan anak

Full Text:

PDF

References


Ahsan. 2014. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua (Ibu) yang Bekerja dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun di TK Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang, 2 (2). (Online), diakses 9 Februari 2016.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti, Wuri. & Sukardi, Musa. 2013. Kajian Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Brooks, Jane. 2011. The Process of Parenting. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyaningsih, Dwi Sulistyo. 2011. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Trans Info Media.

Fitri, Nurdeni Mai. 2012. Efektifitas Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Pembina Painan, 1 (1). (Online), diakses 5 Desember 2015.

Gunarsa, Singgih D. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulya.

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth. 2002. Perkembangan Anak Jilid I Edisi Ke Enam. Jakarta: Erlangga.

Noe’man, Rani Razak. 2014. Bicara Bahasa Anak. Jakarta Selatan: Noura Books (PT Mizan Publika).

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sardjan, Kadir. 1991. Perencanaan Pendidikan Informal. Surabaya: Usaha Nasional.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surbakti. 2012. Parenting Anak-Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ulfah, Maulidya. 2015. Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Dinas Pendidikan Kota Kediri. (Online), (http://dispendik.kedirikota.go.id/permendikbud-pemberlakuan-kurikulum-2006/), diakses 5 Desember 2015.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementerian Agama. (Online), (http://www.kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf), diakses 1 Desember 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v12i2p77-91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats