PROSEDUR MOBILE TRAINING UNIT BORDIR UPT PELATIHAN KERJA PASURUAN DI DESA WONOKOYO KECAMATAN BEJI KABUPATEN PASURUAN

Siti Nur Alifatul Hasanah, Lasi Purwito, M. Ishaq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang persiapan, pelaksanaan dan evaluasi MTU bordir di Desa Wonokoyo oleh UPT Pelatihan Kerja Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan MTU bordir di Desa Wonokoyo oleh UPT Pelatihan Kerja Pasuruan meliputi: (1) persiapan MTU bordir, (2) pelaksanaan MTU bordir terdiri dari: (a) pembukaan, (b) kegiatan MTU bordir, dan (c) penutupan, (3) evaluasi peserta MTU bordir menggunakan tes tulis, pemberian tugas, penilaian hasil praktik bordir, dan penilaian sikap.

 


Keywords


penyelenggaraan; mobile training unit; bordir.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Basleman, A & Mappa, S. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Buckley, R & Jim, C. 2009. The Theory & Practice Of Training. London: Kogan Page

Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas. 2009. Modul Pelatihan Berbasis Kompetensi Sub Bidang Metodologi Pelatihan Kerja (Memilih Sumberdaya Pelatihan Untuk Penyusunan Program Pelatihan). Jakarta: Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi R.I

Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. 2012. Standar Kompetensi Lulusan Bordir. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal

. 2015. Kursus dan Pelatihan Bordir Jenjang 3 Berbasis. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal

. 2014. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kursus dan Pelatihan Bordir Level III Berbasis. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal

Harnani, F.I. 2010. Mobile Training Unit (MTU) dan Tata Kelolanya sebagai Salah Satu Model Peluncuran Program Pendidikan Luar Sekolah. Skripsi Tidak Diterbitkan: Universitas Negeri Malang.

Hasibuan, M.S. 2005. Manajemen Sumebr Daya Manusia. Jakarta. Bumi Aksara

Kamil, M. 2012. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta

Latuheru, J.D. 1988. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Mangkunegara, A.P. 2003. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama

Mappa, S & Basleman, A. 1994. Teori Belajar Orang Dewasa. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Marzuki, M.S. 2012. Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi (M.G. Waseso, Ed). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta: Tanpa Penerbit

Mudjiman, H. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Satori, D. & Aan, K. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

Sudjana, D. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

Sujana, N & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suparna. 2005. Manajemen Pelatihan. Malang: Elang Mas

Triyana, Y.F. 2012. Tips Merintis dan Mengelola Berbagai Lembaga Kursus. Jogjakarta: Laksana




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v12i2p92-101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats