PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM DESA SIAGA AKTIF INKLUSI KEUANGAN

Reni Wahyu Safitri, Nurhadi Nurhadi, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Desa Siaga Aktif Inklusi Keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pemberdayaan masyarakat melalui program desa siaga aktif inklusi keuangan. Penelitian menggunakan pedekatan  kualitatif  dengan rancangan penelitian studi kasus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui program tersebut terdiri dari beberapa tahapan, yaitu a) tahap penyadaran dan pembentukan perilaku sadar dan perduli, serta tahap memberikan wawasan pengetahuan, kecakapan keterampilan, b) tahap menumbuhkan keinginan pada diri seseorang untuk berubah dan memperbaiki, c) tahap  peningkatan efektivitas dan efisiensi.


Keywords


pemberdayaan masyarakat; inklusi keuangan

Full Text:

PDF

References


Creswell, John, W. 1998. Desain dan Model Penelitian Kualitatif: Biografi, Fenomenologi, Teori Graounded, Etnografi, dan Studi Kasus, Terjemahan M. Djauzi Muoedzakir. 2010.Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Mardikanto & Soebianto. 2015. Pemberdayaan Masyarakat: Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Theresia, Aprillia., dkk. 2014. Pembangunan Berbasis Masyarakat:Acuan Bagi Praktisi, Akademis, dan Pemerhati Pengembangan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Wrihatnolo, Randy, R. & Dwidjowijoto, Riant, N. 2007. Manajemen Pemberdayaan: Sebuah Pengantar dan Panduan Untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sulaeman, Endang, Sutisna., dkk. 2012. Model Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan, Studi Desa Siaga. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, (Online), 7(4): 187, (http.www.portalgaruda.org), diakses 29 November 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v12i2p102-109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats