KEMITRAAN ORANGTUA DAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PENGASUHAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS

Asri Ramadani, Endang Redjeki, Ahmad Mutadzakir

Abstract


Kemitraan Orangtua dan Lembaga Pendidikan dalam Pengasuhan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengasuhan orangtua dan lembaga pendidikan terhadap anak usia dini berkebutuhan khusus. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik analisis data menggunakan analisis model components of analysis: interactive model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan pengasuhan dan penanganan yang tepat untuk anak usia dini berkebutuhan khusus sangat diperlukan, seperti adanya kerjasama antara lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan sekolah untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Keywords


kemitraan; pengasuhan anak usia dini; berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References


Hasan, Maimunah. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Maharini, Tutik. dkk. 2016. Workshop Penanganan Dini Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Bagi Kader BKB dan POS PAUD Kota Malang. Malang: PKK Kota Malang dan FKKADK.

Miles, M, B & Huberman, A, M. 1994. Qualitative Data Analysis. United States of America: Sage Publication.

Moedzakir, D. 2010. Desain dan Model Penelitian Kualitatif (Biografi, Fenomenologi, Teori Gounded, Etnografi, dan Studi Kasus). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Retnaningtya, Mega Selvia dan Pramesti Pradana Paramitha. 2015. Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di TK Anak Ceria (Parental Involement In Education At TK Anak Ceria), 4 (1). Online, (http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jppp11a466eeb4full.pdf), diakses 27 Agustus 2016.

Rutledge, Rebecca. 2010. Panduan Pengasuhan Batita (Toddler). Jakarta: PT Indeks (Penerjemah Elna Waldemar)

Sadulloh, Uyoh, dkk. 2014. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Santrock, John W. 2011. Masa Perkembangan anak, Edisi 11 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika (Penerjemah Verawaty Pakpahan).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alvabeta.

Suyadi, dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas. (Online) (http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/02/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-Sisdiknas.pdf) diakses 25 September 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v11i1p20-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats