EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Teni Aryanti, Supriyono Supriyono, Ishaq Ishaq

Abstract


Penelitian bertujuan mendeskripsikan evaluasi program yang dilaksanakan di Balai Diklat Keuangan Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: jenis evaluasi program diklat meliputi evaluasi tingkat reaction, learning, behavior,dan result. Komponen yang di evaluasi meliputi; evaluasi penyelenggaraan, kurikulum, dan evaluasi pengajar. Pemanfaatan hasil evaluasi diklat dimanfaatkan pihak lembaga untuk pengembangan atau perbaikan diklat selanjutnya dan laporan bentuk pertanggungjawaban kepada pusdiklat.


Keywords


evaluasi program; pelatihan; pendidikan luar sekolah

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran; Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kamil, M. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Sudjana, D. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah:untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Supriyono. 2007. Evaluasi Program untuk Pendidikan dan Pelatihan. Surabaya:BPPLSP Regional IV.

Supriyono. 2013. Evaluasi Program Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Tayibnapis, F.Y. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta.

Widoyoko, E. P. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktik Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wiyono, B. dan Sunarni. 2009. Evaluasi Program Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v10i1p1%20-%2013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats