INTERAKSI TIGA PILAR DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Ummu Saadah

Abstract


Interaksi tiga pilar dasar pendidikan anak usia dini merupakan kunci sukses pelayanan dalam suatu lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: bentuk interaksi tiga pilar dasar pendidikan anak usia dini, peran tiga pilar dasar pendidikan anak usia dini dan kendala serta pendukung interaksi tiga pilar dasar pendidikan anak usia dini. Metode penelitian ini  adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di  kelompok bermain Aisyiyah Balongpanggang Gresik. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, Sumber data primer melalui wawancara dan kegiatan obserfasi dan sumber data sekunder melalui melalui kegiatan dokumentasi terkait dengan penelitian.   Subjek penelitian ini adalah pendidik, Kepala sekolah, anggota komite sekolah dan orangtua wali murid. Teknik pengumpulan data antara lain:  Observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk uji keabsahan data melalui data collection, data reduction, data display  dan coulusions drawing and verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk interaksi yang terjadi antara tiga pilar dasar pendidikan anak usia dini yaitu: (1) interaksi searah; (2) interaksi dialogis dan (3) interaksi demokratis. Sedangkan peran tiga pilar dasar pendidikan diantaranya (1) peran orangtua; turut terlibat dalam kegiatan sekolah; (2) Peran sekolah diantaranya menyediakan sarana dan prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan dan menciptakan kegiatan pembiasaan seperti: cium tangan guru saat datang dan pulang dan menaruh sepatu diatas rak sepatu; (3) Peran komite sekolah  peran dan fungsi sebagai berikut: (a) menyampaikan hasil kajian pelaksanaan program sekolah kepada stakeholder secara berkala, baik yang berupa keberhasilan maupun kegagalan dalam pencapaian tujuan dan sasaran program sekolah. (2) menyampaikan laporan tanggungjawab bantuan masyarakat baik berupa materi maupun non materi

Keywords


Interaksi; Tiga Pilar Dasar Pendidikan; PAUD

Full Text:

PDF

References


Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Andriani M, Wirjatmadi B 2012. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. Jakarta:Kencana Perdana Media Group.

Baharuddin dan Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Barata, A.A. 2004. Dasar-dasar Pelayanan Prima, Cetakan 2. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo.

Berger, Charles R dan sterve H. Chaffe. 1983. Handbook Communication science. Beverly Hills: Sage publication.

Bogdan, Biklen, 1982. Pengantar Studi Penelitian, PT.Alfabeta, Bandung.

Bungin, M. Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Creswell John.W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Dewantara, K.H. 1977. Karya Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Dirdjosisworo, Soedjono. 1985. Asas –Asas Sosiologi. Bandung: CV Armico.

DjamarahB.S. 2000.Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah. 2005. Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta. Penerbit: PT Raja Grasindo Persada.

Heinich, R. et al. 2002. Instructional Media and Technology for Learning, 7 th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc. diakses

Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Loomis, Charles P., Loomis, Zona. 1965. Modern Social Theories. Princeton: D.Van Nostrand Company, IncCreswell (2014)

Mardiya. 2000. Kiat-Kiat Khusus Membangun Keluarga Sejahtera. Jakarta: BKKBN Pusat.

Merriam-Webster. 2011. Search Engine Definition. Merriam-Webster Online Dictionary. Retrieved July 9, 2011, from http://www.merriam-webster.com/dictionary/search%20engine.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.

Prawirosentono, Suyadi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manuasia: Kebijakan Kinerja Karyawan, Edisi 1. Cetakan ke Delapan. Yogyakarta: BPFE.

Preedy, M. 1993. Managing The Effective School. Landon: Paul Chapman Road.

Priyanto, Agus. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua, Siswa Terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah (Studi pada Sekolah Unggulan di Kabupaten Jombang).STKIP PGRI Jombang.

Poerwadarminta, W.J.S. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Robbins, Stephen.P dan Mary Coulter. 2005. Manajemen. Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.

Sujana. 2005. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rodakarya.

Soekanto, Soejono. 1986. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press.

Syarbaini dan Rusdiyanta. 2009. Dasar-dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syaukani, HR, dkk. 2002. Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ulfatin, Nurul. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Malang: Bayumedia




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpn.v13i1.3600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats