PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN INTERAKSI INTERPERSONAL DAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT BAGI MAHASISWA PENDAMPING STUDI LAPANG JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Zulkarnain Nasution, Nurhadi Musa

Abstract


Tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Memvalidasi kesesuaian, keleng-kapan, keterbacaan dan kelayak terapan panduan pembelajaran pendekatan interaksi interpersonal dan social dalam masyarakat bagi mahasiswa pendamping studi lapang Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang; (2) Menguji kesesuaian, kelengkapan, keterbacaan, dan klayak terapan melalui uji coba lapangan terbatas bagi penguna  panduan pembelajaran pendekatan interaksi interpersonal dan social dalam masyarakat bagi mahasiswa pendamping studi lapang Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.  Metode penelitian pengembangan (research development) model Borg and Gall (1989). Metode ini dipilih untuk mencapai tujuan penelitian yaitu memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan model pembelajaran inovatif dengan mengoptimalkan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar studi lapang pada beberapa matakuliah yang menggunakan pratikum atau studi observasi ke masyarakat. Tahap-tahapan meliputi: 

Menganalisis; (2) menulis materi pokok pembelajaran, perancang program harus  menyesuiakan dengan prinsip-prinsip penyusunan program pembelajaran; (3) merevisi, perancang program memberikan penilaian kepada ahli terhadap produk pendampingan yang dihasilkan, dan melakukan uji coba panduan pendamping mahasiswa studi lapang yang telah direvisi kepada mahasiswa pendamping studi lapang.  Berdasarkan uji validasi yang telah dilakukan oleh para ahli dan uji terbatas bagi pengguna, terkait produk yang dikembangkan maka diperoleh hasil dengan rata-rata kualifikasi valid dan interpretasinya adalah tidak revisi hanya memperbaiki masukan daan saran dari para ahli sehingga disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki keterbacaan, kelengkapan, dan kelayak terapan untuk digunakan

Keywords


Pengembangan model pembelajaran; interaksi personal; sosial

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, Suharsimi. 2010 Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arthur W. Steller. 1983. Curriculum Planning. ASCD. Virginia.

Borg, W & Gall, M.D. 1989. Educational Research: an Introduction (5h ed) New York, NY:

Longman: ISBN: 0-801-0334-6 (LBI028 1989)

Chaney, Lilian H dan Martin, Jeanette, S. 2004. Intercultural Communication, 3rd. Dubuque,Iowa: Brown.

Daryanto. 2010. Ilmu Komunikasi Jilid 1. Bandung: Satu Nusa

Devito, Joseph, A. 1996. Human Communication. USA: Haper Collins Publisher Inc.

Gudykunst. William B dan Kim, Young Yin. 1997. Communicating With Strangers: An Approach to Intercultural Communication. 3thEdition, USA: McGraw Hill.

Chaney, Lilian H dan Martin, Jeanette, S. 2004. Intercultural Communication, 3rd. Dubuque, Iowa: Brown.

Daryanto. 2010. Ilmu Komunikasi Jilid 1. Bandung: Satu Nusa

Devito, Joseph, A. 1996. Human Communication. USA: Haper Collins Publisher Inc.

Gudykunst. William B dan Kim, Young Yin. 1997. Communicating With Strangers: An Approach to Intercultural Communication. 3thEdition, USA: McGraw Hill.

Gudykunst, William, B. 1983. Intercultural Communication Theory. Baverly Hills, Calivornia: Sage Publications.

Gudykunst, William, B. 1983. Intercultural Communication Theory. Baverly Hills,Calivornia: Sage Publications.

Cuningham. W.G. 1982. Systematic Planing for Educational Change, First Edition California: Mayfield Publishing Company.

Jamaris. 2016. Pendidikan Luar Sekolah dan Kompetensi Pendamping Pendidikan Masyarakat Desa. Proseding Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang “Kompetensi Pendamping

Pembangunan Desa”.

Mulyana, Dedy. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nugroho, A.W. 2009. Komunikasi Interpersonal antara Perawat dan Pasien (Studi Deskriptif Kualitattif Aktivitas Komunikasi Terapeutik antara Perawat Terhadap Pasien di Rumah sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta). Solo: Universitas Sebelas Maret.

Robinson, Joan. 1979. Aspects of Development and Underdevelopment. Cambridge: Cambridge University Press.

Sumpeno Wahyudin. 2008. The Capacity Building Hand Book: Menjadi Fasilitator Genius. Jakarta: Pustaka Pelajar

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: refika Aditama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Setiawati. 2016. Memahami Masyarakat Sebagai Suatu Sistem Sosial. Proseding Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang “Kompetensi Pendamping Pembangunan Desa”. Tanggal 6 Oktober 2016

Thiagarajan, S. 1974. Programmed Instruction for Literacy Workes. Tehran: Hulton Educational Publication Ltd, in-Cooperation with the International Institute for Adult Litaracy Methods.

Yuniar, P.D. 2017. Model Bi-Gionistic Learining Transfer apengetahuan Pengobatan Tradisional Sangkal Putung (Studi Pengembangan Model Pembelajaran pada Rumah Pijat Terapi di Desa Sumberejo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar). Tesis; Malang: Pascasaraja Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpn.v13i1.3601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats