PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN SEBAGAI UPAYA PENYADARAN BELAJAR MELALUI PENDIDIKAN KESETARAAN DI KOTA SAMARINDA

Kukuh Miroso Raharjo

Abstract


Abstract: The objectives of this study are (1) Implementation of management of learning equality education for street children. 2) The existence of empowerment of street children as part of the Out of School Education program. The research method uses qualitative research design. Paying attention to the existence and reality of the characteristics of the tutor in the learning process of equality education programs at the Jalina City Street Clinic. The qualitative research approach uses a single case study design (one case study). The single case study in this study is a case study on equality education tutors, who saw the learning process carried out in an effort to empower street children through education. Data collection uses techniques (a) in-depth interviews, (b) Forum Group Discussion (FGD), and (c) documentation. The results of this study were the learning of street children in an empowerment effort by tutors through facilitation and mentoring activities using group settings. group techniques that can be used in street children's learning activities should be considered well, especially in the accuracy of the selection of methods and their implementation. The form of implementation consists of five phases, namely Phase 1: Approach, Phase 2: Determination of Problems, Phase 3: Development of Critical Reflection, Phase 4: Determination and Implementation of Actions, and Phase 5: Evaluation

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) Implementasi manajemen pembelajaran pendidikan kesetaraan bagi anak jalanan. 2) Eksistensi pemberdayaan anak jalanan sebagai bagian dari program Pendidikan Luar Sekolah. Metode penelitian menggunakan desain penelitian kualitatif. Memperhatikan keberadaan dan realitas karakteristik tutor dalam proses pembelajaran program pendidikan kesetaraan di Klinik Jalanan Kota Samarinda. Pendekatan penelitian kualitatif menggunakan rancangan studi kasus berupa kasus tunggal (one case study). Studi kasus tunggal dalam penelitian ini adalah studi kasus pada tutor pendidikan kesetaraan, di mana melihat proses pembelajaran yang dilakukan dalam upaya pemberdayaan anak jalanan melalui pendidikan. Pengumpulan data menggunakan teknik (a) wawancara mendalam, (b)  Forum Group Discussion (FGD), dan (c) dokumentasi.

Hasil Penelitian ini adalah pembelajaran anak jalanan dalam upaya pemberdayaan oleh tutor melalui kegiatan fasilitasi dan pendampingan menggunakan setting kelompok. teknik kelompok yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran anak jalanan hendaknya dipertimbangkan dengan baik, terutama dalam ketepatan pemilihan metode dan pelaksanaannya. Adapun bentuk pelaksanaannya terdiri dari lima fase, yaitu Fase 1 : Pendekatan ,Fase 2 : Penentuan Masalah, Fase 3 : Pengembangan Refleksi Kritis, Fase 4 : Penetapan dan Pelaksanaan Tindakan, dan Fase 5 : Evaluasi.


Keywords


pemberdayaan;anak jalanan;pendidikan kesetaraan

Full Text:

PDF

References


Buwono, Milla. A.R. 2016. Evaluasi Penertiban Anak Jalanan Di Kota Samarinda (Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2002 Tentang Penertiban Dan Penanggulangan Pengemis, Anak Jalanan, Dan Gelandangan). E Journal Ilmu Administrasi, (Online), 4 ( 2), 2898-2910 (www.ejournal.an.fisip- unmul.org). Diakses 30 maret 2017

Fontana, A. & Frey, J.H. 2000. Wawancara Seni Ilmu Pengetahuan. Dalam N.K. Denzin & Y.S. Lincoln (Eds.), Handbook of Qualitative Research (hlm. 501-522). Jakarta: Pustaka pelajar.

Fahrudin, Adi dkk. 2011. Pemberdayaan Partisipasi & Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung: Humaniora

Kartasasmita, Ginanjar. 1996. Pembangunan Untuk Rakyat Memadukan Pertumbuhan Dan Pemerataan. Jakarta: Cidesindo

Kindervatter, Suzane. 1979. Nonformal Education As An Empowering Process. USA: University Of Massachusetts

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills, CA: Sage.

Moedzakir, Djauzi. 2010. Metode Pembelajaran untuk Program-Program Pendidikan Luar Sekolah. Malang: UM Press

Rasyad, Achmad dan B. Suparna. 2003. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Malang: UM Press

Rochmadi, Nur W. 2001. Pemberdayaan Masyarakat. Malang: UM Press

Sudjana, Djudju. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : Falah Production.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpn.v13i2.6091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats