STUDI TOKOH SANAPIAH FAISAL SALEH “KARAKTERISTIK DAN IMPLEMENTASI TEORI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Adin Aryanti Dewi, Umi Dayati, Sucipto Sucipto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan teori Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi tokoh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Kegiatan analisis data dimulai dengan menemukan pola hingga mencari gagasan yang spesifik. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan proses trianggulasi data untuk memperoleh data yang relevan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut, profil dan penokohan Sanapiah Faisal Saleh, keberadaan teori PLS terkait dengan makna dan hakikat, sejarah dan latar belakang munculnya teori PLS, jenis dan karakteristik masing-masing teori PLS.


Keywords


studi tokoh; Sanapiah Faisal Saleh; karakteristik dan implementasi; teori PLS

Full Text:

PDF

References


Basleman, A & Mappa, S. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bogdan, R.C & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research for Education an Introduction to the Theory and Methods. London: Allyn and Bacon Inc.

Bungin, B. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Burgess, R.G. 1985. Strategies of Educational Research: Qualitative Methods. London and Philadelphia: The Falmer Press.

Danandjaja, J. 1988. Antropologi Psikologi: Teori Metode, dan Sejarah Perkembangannya. Jakarta: Rajawali Press.

Freire, P. 1972. Pedagogy of The Oppressed, Sheed and Ward Ltd.33. London: Maiden Lane.

Furchan, A. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Furchan, A & Maimun, A. 2005. Studi Tokoh(Metode Penelitian Mengenai Tokoh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Glaser, B.G. & Strauss, A.L. 1980. The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative research. New York: Aldine Publishing Company.

Joesoef, S & Santoso, S. 1981. Pengantar Pendidikan Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.

Marzuki, S. 2010. Pendidikan Nonformal (Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murtiningsih, S. 2004. Pendidikan Alat Perlawanan (Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Patton, M.G. 1980. Qualitative Evaluation Methods. Beverly Hills: Sage Publications, Inc.

Saleh, S. F. 1981. Pendidikan Luar Sekolah Dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional. Surabaya: Usana Offset Printing.

Sudiarja, A. 1977. Filsafat Pendidikan Paulo Freire dalam Bunga Rampai Sudut-Sudut Filsafat. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Wahyudi. 2003. Memahami Budi Darma dan Karya Sastranya. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Basleman, A & Mappa, S. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bogdan, R.C & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research for Education an Introduction to the Theory and Methods. London: Allyn and Bacon Inc.

Bungin, B. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Burgess, R.G. 1985. Strategies of Educational Research: Qualitative Methods. London and Philadelphia: The Falmer Press.

Danandjaja, J. 1988. Antropologi Psikologi: Teori Metode, dan Sejarah Perkembangannya. Jakarta: Rajawali Press.

Freire, P. 1972. Pedagogy of The Oppressed, Sheed and Ward Ltd.33. London: Maiden Lane.

Furchan, A. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Furchan, A & Maimun, A. 2005. Studi Tokoh(Metode Penelitian Mengenai Tokoh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Glaser, B.G. & Strauss, A.L. 1980. The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative research. New York: Aldine Publishing Company.

Joesoef, S & Santoso, S. 1981. Pengantar Pendidikan Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.

Marzuki, S. 2010. Pendidikan Nonformal (Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murtiningsih, S. 2004. Pendidikan Alat Perlawanan (Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Patton, M.G. 1980. Qualitative Evaluation Methods. Beverly Hills: Sage Publications, Inc.

Saleh, S. F. 1981. Pendidikan Luar Sekolah Dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional. Surabaya: Usana Offset Printing.

Sudiarja, A. 1977. Filsafat Pendidikan Paulo Freire dalam Bunga Rampai Sudut-Sudut Filsafat. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Wahyudi. 2003. Memahami Budi Darma dan Karya Sastranya. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Basleman, A & Mappa, S. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bogdan, R.C & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research for Education an Introduction to the Theory and Methods. London: Allyn and Bacon Inc.

Bungin, B. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Burgess, R.G. 1985. Strategies of Educational Research: Qualitative Methods. London and Philadelphia: The Falmer Press.

Danandjaja, J. 1988. Antropologi Psikologi: Teori Metode, dan Sejarah Perkembangannya. Jakarta: Rajawali Press.

Freire, P. 1972. Pedagogy of The Oppressed, Sheed and Ward Ltd.33. London: Maiden Lane.

Furchan, A. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Furchan, A & Maimun, A. 2005. Studi Tokoh(Metode Penelitian Mengenai Tokoh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Glaser, B.G. & Strauss, A.L. 1980. The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative research. New York: Aldine Publishing Company.

Joesoef, S & Santoso, S. 1981. Pengantar Pendidikan Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.

Marzuki, S. 2010. Pendidikan Nonformal (Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murtiningsih, S. 2004. Pendidikan Alat Perlawanan (Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Patton, M.G. 1980. Qualitative Evaluation Methods. Beverly Hills: Sage Publications, Inc.

Saleh, S. F. 1981. Pendidikan Luar Sekolah Dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional. Surabaya: Usana Offset Printing.

Sudiarja, A. 1977. Filsafat Pendidikan Paulo Freire dalam Bunga Rampai Sudut-Sudut Filsafat. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Wahyudi. 2003. Memahami Budi Darma dan Karya Sastranya. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Basleman, A & Mappa, S. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bogdan, R.C & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research for Education an Introduction to the Theory and Methods. London: Allyn and Bacon Inc.

Bungin, B. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Burgess, R.G. 1985. Strategies of Educational Research: Qualitative Methods. London and Philadelphia: The Falmer Press.

Danandjaja, J. 1988. Antropologi Psikologi: Teori Metode, dan Sejarah Perkembangannya. Jakarta: Rajawali Press.

Freire, P. 1972. Pedagogy of The Oppressed, Sheed and Ward Ltd.33. London: Maiden Lane.

Furchan, A. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Furchan, A & Maimun, A. 2005. Studi Tokoh(Metode Penelitian Mengenai Tokoh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Glaser, B.G. & Strauss, A.L. 1980. The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative research. New York: Aldine Publishing Company.

Joesoef, S & Santoso, S. 1981. Pengantar Pendidikan Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.

Marzuki, S. 2010. Pendidikan Nonformal (Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murtiningsih, S. 2004. Pendidikan Alat Perlawanan (Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Patton, M.G. 1980. Qualitative Evaluation Methods. Beverly Hills: Sage Publications, Inc.

Saleh, S. F. 1981. Pendidikan Luar Sekolah Dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional. Surabaya: Usana Offset Printing.

Sudiarja, A. 1977. Filsafat Pendidikan Paulo Freire dalam Bunga Rampai Sudut-Sudut Filsafat. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Wahyudi. 2003. Memahami Budi Darma dan Karya Sastranya. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Basleman, A & Mappa, S. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bogdan, R.C & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research for Education an Introduction to the Theory and Methods. London: Allyn and Bacon Inc.

Bungin, B. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Burgess, R.G. 1985. Strategies of Educational Research: Qualitative Methods. London and Philadelphia: The Falmer Press.

Danandjaja, J. 1988. Antropologi Psikologi: Teori Metode, dan Sejarah Perkembangannya. Jakarta: Rajawali Press.

Freire, P. 1972. Pedagogy of The Oppressed, Sheed and Ward Ltd.33. London: Maiden Lane.

Furchan, A. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Furchan, A & Maimun, A. 2005. Studi Tokoh(Metode Penelitian Mengenai Tokoh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Glaser, B.G. & Strauss, A.L. 1980. The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative research. New York: Aldine Publishing Company.

Joesoef, S & Santoso, S. 1981. Pengantar Pendidikan Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.

Marzuki, S. 2010. Pendidikan Nonformal (Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murtiningsih, S. 2004. Pendidikan Alat Perlawanan (Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Patton, M.G. 1980. Qualitative Evaluation Methods. Beverly Hills: Sage Publications, Inc.

Saleh, S. F. 1981. Pendidikan Luar Sekolah Dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional. Surabaya: Usana Offset Printing.

Sudiarja, A. 1977. Filsafat Pendidikan Paulo Freire dalam Bunga Rampai Sudut-Sudut Filsafat. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Wahyudi. 2003. Memahami Budi Darma dan Karya Sastranya. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpn.v10i2.659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats