TANGGAPAN PESERTA PELATIHAN TENTANG PELAKSANAAN PELATIHAN INFORMATION TECHNOLOGY DASAR

Eli Rahmawati, Hardika Hardika, Sopingi Sopingi

Abstract


Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan : (1) kurikulum, (2) metode, (3) media, (4) instruktur, (5) tempat, (6) waktu, dan (7) evaluasi pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan peserta pelatihan tentang: (1) kurikulum adalah baik, (2) metode adalah baik, (3) pemilihan dan penggunaan media adalah tidak baik, (4) instruktur adalah baik, (5) tempat adalah tidak baik, (6) pengalokasian waktu adalah baik, dan (7)  evaluasi pelatihan adalah baik.


Keywords


tanggapan peserta; pelatihan; pelatihan information; technology.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 1992. Prosedur Penelitian (Suatu pendekatan dan prkatik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Azwar, S. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balseman, A. & Mappa, S. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Cruthfield, K. & Ballachey. 1982. Individual in Society. Mc Graw - Hill Book Company, Inc

Gerungan, W.A. 2010. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, O. 2005. Pengembangan Sumber Daya Manusia (Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marzuki, S. 2012. Pendidikan Nonformal (Dimensi dalam keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2014. Pelatihan Perhotelan Room Division, Studi Kasus di UPT Pelatihan Kerja Pertanian Dan Pengembangan Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Mujiman, H. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution. 1990. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pasaribu & Simandjuntak. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Sarwono, W.S. 2002. Psikologi Sosial (Individu dan Teori-teori Psikologi Sosial). Jakarta: Balai Pustaka.

Semiawan, C., Tangyong, B., & Suseloarjo, W. 1990. Pendekatan Keterampilan.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono. 2013. Evaluasi Program untuk Pendidikan dan Pelatihan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.

Waseso, M. G. 2005. Psikologi Sosial untuk Pendidikan. Malang: Elang Mas.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpn.v10i2.664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats