PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 33 KOTA MALANG

Lailatul Magfiroh, Ellyn Sugeng Desyanty, Rezka Arina Rahma

Abstract


Abstract: The Character is not born based on descent, but throughout the process of the character education which starts from early childhood. The phenomenon which occurs in ABA Kindergarten 33 is when the researcher come to the institute, the researcher see that the children can take a line behind their friends and  accompanied by the teachers, thus the researcher  interested to do the research about the formation of  thedisciplin  character in ABA 33 kindergarten through the habituation method. The purpose of the research is for: (1) to describe the process of the formation of the discipline character through the habituation methods in ABA 33 kindergarten; (2) to describe the behavior which showed by the children after they get the habituation; and (3) to find out the supporting  and inhibitors factors in ABA 33 kindergarten. The research method which used by the researcher that is qualitative method. The research uses data collection technique, through observation, interview, documentation studies. The subject which are use in this research are teacher, cleanness employee, learners. There are three data analysis techniques which used that is: (1) data reduction; (2) data display; and (3) drawing conclusion
Abstrak: Hasil penelitian menunjukkan bahwa di TK Aisyiyah Bustanul athfal 33 melakukan pembentukan karakter disiplin melalui metode pembiasaan, hasil dari temuan penelitian tentang proses pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan adalah: (1) guru membiasakan anak untuk datang tepat waktu; (2) guru membiasakan anak untuk mengembalikan barang ke tempat semula; (3) guru membiasakan anak untuk membereskan mainan setelah bermain di dalam kelas; (4) guru membiasakan anak untuk bersabar dan tertib dalam menunggu giliran cuci tangan; dan (5) petugas kebersihan membiasakan anak untuk mengantri ketika ke kamar mandi.  Pembiasaan yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 tidak hanya pembiasaan melalui ucapan atau kata motivasi saja, namun pembiasaan melalui perilaku juga dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33, perilaku yang ditunjukkan oleh anak setelah mendapatkan pembiasaan dari guru yaitu: (1) anak datang tepat waktu, akan tetapi ada beberapa anak yang belum bisa datang tepat waktu, hal ini mengacu pada jumlah anak yang terlambat setiap hari mengalami naik turun; (2) anak mengembalikan barang yang telah digunakan pada tempatnya, hal ini ditunjukkan dengan kesadaran anak mengembalikan barang yang telah digunakan pada tempatnya tanpa diminta oleh guru, baik itu mainan ataupun alat tulis; (3) tertib dalam menunggu giliran, hal ini di tunjukkan dengan kesadaran anak berbaris di belakang temanya ketika cuci tangan tanpa didampingi oleh guru. Faktor pendukung pembentukan karakter disiplin di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 yaitu adanya contoh dari pendidik, dan konsistensi yang dilakukan pendidik. Faktor yang menghambat pembentukan karakter disiplin di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 yaitu ada beberapa orang tua yang tidak peduli dengan perkembangan anaknya,dan tidak adanya kerja sama antara orang tua dan sekolah, dan kematangan usia anak juga mempengaruhi pembentukan karakter disiplin anak usia dini di TK ABA 33

Keywords


Karakter; disiplin; metode pembiasaan

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Panji.2006. Psikologi Kerja. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Aulina, Choirunnisak.2013.Penanaman disiplin pada anak usia dini: Jurnal Pedagogia Vol.2 No.1

Berutu, Elfi Yati dkk. 2018. Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Negeri Gue Gajah Aceh Besar: Jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar FKIP Unsyiah Vol.3 No.2

Chasanah, Nur. 2017. Upaya Mengatasi Keterlambatan Siswa Masuk Kelas Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Manajemen Waktu: Jurnal Pedagogia Vol.4 No.2

Direktorat pembinaan pendidikan anak usia dini, direktorat jenderal pendidikan anak usia dini, nonformal, dan informal.2012. Pedoman pendidikan karakter pada anak usia dini: Jakarta. Kementerian penddikan nasional.

Fadlillah, Muhammad, Khorida, Lilik mualifatu. 2013. Pendidikan karakter anak usia dini: Jogjakarta.Ar-ruzz.

Francisca, Leonie Sukmo, Aji clara.2015. Keterkaitan antara moral knowing, moral feeling, dan moral behavior pada empat kompetensi dasar guru: Jurnal kependidikan Vol.45 No.2

Gunawan, Heri.2012. pendidikan karakter konsep dan implementasi: Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Jihad, Asep dkk.2010. pendidikan karakter teori dan aplikasinya:Jakarta.Direktorat jenderal manajemen pendidikan dasar dan pendidikan menengah kementterian pendidikan nasional.

Laila, Arni Nur.2017. Jika siswa Taman Kanak-kanak belajar berlalu lintas, inilah yang diharapkan, (online) (http://surabaya.tribunnews.com/2017/01/16/jika-siswa-taman-kanak-kanak-belajar-berlalu-lintas-inilah-yang-diharapkan). Di akses 16 Januari 2017 pukul 19:26 WIB

Lickona, Thomas.2015. terjemahan Character Matters oleh Wamaungo dan Zien. Jakarta: Bumi Aksara.

Mufidah, Umri. 2012. Efektifitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Journal of early childood education papers. Vol.1 No.1

Nopriadi, Eko. 2016. Penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan islam pada siswa SD Negeri 38 Janna-Jannayya kecamatan Sinoa kabupaten Bantaeng. Skripsi tidak diterbitkan. Makasar: Universitas Negeri Alauddin Makasar.

Prasetyo, Nana.2011. Membangun karakter anak usia dini: Direktorat pembinaan pendidikan anak usia dini, direktorat jenderal pendidikan anak usia dini nonformal dan informal, kementerian pendidikan dan kebudayaan

Rahman, Hilbana.2002. konsep dasar penddikan anak usia dini: Yogyakarta. Grafindo litera media

Rahmawati, Purwanti, & Nur Ika Sari. 2017. Pembiasaan Budaya Antri Untuk Peningkatan Pengembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Fun Game Di Ppt Mentari Pagi Surabaya. Jurnal paud teratai Vol. 6 No. 1

Ratnasari, Sukesi.2017. Pembiasaan Budaya Antri Untuk Peningkatan Pengembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Skripsi diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Bandung. Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan anak usia dini (konsep dan teori) : Jakarta. PT. Bumi aksara

Suyanto. 2010. Urgensi pendidikan karakter, www.mandikdasmen.depdiknas.go.id/web/pages/urgensi.html.

Ulfatin, Nurul. 2015. Metode penelitian kualitatif dibidang pendidikan ; teori dan aplikasinya. Malang. MNC publishing.

Wibowo, Agus.2012. pendidikan karakter anak usia dini (strategi membangun karakter di usia emas): Yogyakarta. Pustaka pelajar

Widyahening, Evy Tri,Wardhani, Nugraheni Eko.2016. Literary Works and Caracter Eduction. International journal of language and literature, 4(1). DOI: 10.15640/ijll.v4n1a2




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats