Prokrastinasi Akademik dan Efikasi Diri Mahasiswa Selama Masa Awal Pandemi COVID-19

May Rauli Simamora, Marina Letara Nababan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menguji hubungan antara efikasi diri dan prokrastinasi akademik siswa selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Sampel yang digunakan adalah 162 mahasiswa dari beberapa program studi di Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Skala prokrastinasi akademik (PA) dan efikasi diri (ED) digunakan untuk mengukur prokrastinasi akademik dan self-efficacy. Hasil studi menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dan prokrastinasi akademik selama periode pandemi COVID-19 yang diperoleh r sama dengan -0,511 dengan signifikan p sama dengan 0,000 (p kurang dari 0,01). Melakukan kegiatan lain yang lebih menyenangkan daripada melakukan tugas adalah korelasi tertinggi dari aspek prokrastinasi akademik. Beberapa kegiatan yang dilakukan di rumah selama periode pandemi COVID-19 termasuk memilih bermain ponsel, menonton, bermain game dan media sosial (mis. YouTube, Instagram, WhatsApp), melakukan pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci, dan membersihkan rumah dan membantu orang tua bekerja di ladang atau sawah.


References


Afriyeni, N., & Murjito, W. H. (2014). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 16(2), 191–199. Diambil dari https://doi.org/10.25077/jantro.v16i2.25

Andre, R. (2008). Organizational Behavior: An Introduction to Your Life in Organization. Pearson Prentice Hall.

Desty, L. (2015). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas 10 di SMAN 1 Ciracap (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.

Dewi, N. P., & Sudiantara, Y. (2015). Hubungan Self Efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Kurikulum Berbasis Kompetensi Unika Soegijapranata Semarang. Psikodimensia, 14(2), 96–104. Diambil dari https://doi.org/10.24167/psiko.v14i2.97

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Elvina, L. (2020, Maret 12). WHO Tetapkan Wabah Virus Corona Sebagai Pandemi Global. Kompas. https://www.kompas.tv/article/70893/who-tetapkan-wabah-virus-corona-sebagai-pandemi-global

Fauziah, H. H. (2016). Fakor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132. Diambil dari https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453

Hair, J. J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Edition). Pearson. https://www.amazon.com/Multivariate-Data-Analysis-Joseph-Hair/dp/0138132631

Iskandar, D., Aspin, & Pambudhi, Y. A. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Jurnal SUBLIMAPSI, 1(1), 27–35. Diambil dari https://doi.org/10.25077/jantro.v16i2.25

Khotimah, R., Radjah, C., & Handarini, D. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 60–67. Diambil dari https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p060

Kinicki, A., & Robert, K. (2010). Organizational Behavior, Key Concepts, Skill & Best Practices (3rd ed.). McGraw-Hill Irwin.

Larasati, A. R., & Inhastuti, S. (2019). Hubungan Antara Kesadaran Diri Dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Angkatan 2016 Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 2. Dipresentasikan di Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, 18 Oktober 2019 (hal. 659-667). Diambil dari http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8185/3750

Luthans, F. (2008). Organizational Behavior (11th ed.). McGraw-Hill.

Nababan, Marina Letara. (2013). Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Keyakinan Diri terhadap Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia.

Nafeesa. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53. Diambil dari https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884

Nugroho, T.T. (2020, Mei 14). Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Tempo. https://kolom.tempo.co/read/1342106/pembelajaran-jarak-jauh-di-masa-pandemi/full&view=ok

Octaviani, P. N., & Qodariah, S. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA IT X Bandung. Prosiding Psikologi, 4(1), 89–94. Diambil dari https://doi.org/10.25077/jantro.v16.n2.p191-199.2014

Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia.

Putri, N. D. A. (2016). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, Indonesia.

Robbins, S. P., & Mary, C. (2013). Management (11th ed.). Pearson Education.

Sandra, K. I., & Djalali, M. A. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-Diri dan Prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 217–222. Diambil dari https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.140

Schermerhorn Jr., J. R., Hunt, Osborn, R. N., & Uhl-Bien, M. (2011). Organizational Behavior (11th ed.). John Wiley & Sons Inc.

Schouwenburg, H. C., Lay, C. H., Pychyl, A. T., & Ferarri, J. R. (2004). Counseling the procrastinator in academic setting. American Psychological Association.

Shani, A. B., Chandler, D., Cogetlle, J.-F., & Lau, J. B. (2009). Behavior in Organizations: An Experiental Approach. McGraw-Hill.

Tuasikal, R. F., & Patria, B. (2019). Role of social support and self-concept clarity as predictors on thesis writing procrastination. Journal of Psychology and Instruction, 3(3), 76–82. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JoPaI

Wibowo, R. F. (2014). Self Efficacy dan Prokrastinasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1–11. Diambil dari https://doi.org/10.1007/SpringerReference_223312




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v10i22021p66-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sains Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Reference Manager : 

    

 

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.