Peran Mindful Parenting terhadap Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan

Risa Dwi Fajriati, Dewi Kumalasari

Abstract


Sistem patriaki merupakan hal yang mendasari peran ayah dan ibu dalam sebuah keluarga. Hal tersebut menjadikan laki-laki sebagai kepala keluarga dan economic provider untuk keluarga sehingga membuat seorang ayah kurang terlibat dalam pengasuhan anak. Padahal, keterlibatan ayah dalam pengasuhan berperan penting khususnya pada anak usia sekolah. Penelitian sebelumnya menemukan jika seorang ayah benar-benar memusatkan perhatian ketika melakukan pengasuhan, maka akan lebih terlibat dalam perawatan dan pengasuhan anak mereka. Proses memberikan perhatian pada anak dalam pengasuhan dikenal dengan konsep mindful parenting. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mindful parenting terhadap keterlibatan ayah dalam pengasuhan pada ayah yang memiliki anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dua instrumen, yaitu Mindfulness in Parenting Questionnaire (MIPQ) dan Inventory of Father Involvement (IFI). Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah insidental sampling, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Data yang dikumpulkan dari 127 responden menunjukkan bahwa mindful parenting memiliki kontribusi yang signifikan terhadap keterlibatan ayah pada ayah yang memiliki anak usia sekolah. Hasil ini menunjukkan bahwa meningkatkan keterampilan mindful parenting dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan keterlibatan ayah. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi ayah untuk lebih memperhatikan kegiatan anak dan terlibat dalam pengasuhan anak.


References


Allen, S. & Daly, K. (2007). The Effects of Father Involvement: An Updated Research Summary of the Evidence Inventory. Centre for Families, Work & Well-being, University of Guelph. Diambil dari https://www.fatherhood.gov/sites/default/files/resource_files/effects_of_father_involvement.pdf

Carlson, M. (2017). Association Between Father’s Parental Mindfulness and Adolescent Behavioral Development and Academic Grades. (Master’s thesis, Colorade State University, Fort Collins, Colorado. Diambil dari http://hdl.handle.net/10217/181320

Duncan, L. G., Coatsworth, J. D., & Greenberg, M. T. (2009). A Model of Mindful Parenting: Implications for Parent–Child Relationships and Prevention Research. Clinical Child and Family Psychology Review, 12(3), 255–270. https://doi.org/10.1007/s10567-009-0046-3

Flouri, E. (2008). Fathering and adolescents’ psychological adjustment: the role of fathers’ involvement, residence and biology status. Child: Care, Health and Development, 34(2), 152–161. https://doi.org/10.1111/j.1365-2214.2007.00752.x

Flouri, E., & Buchanan, A. (2003). The role of mother involvement and father involvement in adolescent bullying behavior. Journal of Interpersonal Violence, 18(6), 634–644. https://doi.org/10.1177/0886260503251129

Gani, I. A., & Kumalasari, D. (2019). Be Mindful, Less Stress: Studi tentang Mindful Parenting dan Stres Pengasuhan Pada Ibu Dari Anak Usia Middle Childhood di Jakarta. Jurnal Psikologi, 15(2), 98–107. Diambil dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7744.

Harmaini. (2013). Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Jurnal Psikologi, 9(2), 80–93. Diambil dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/170

Hawkins, A. J., Bradford, K. P., Palkovitz, R., Christiansen, S. L., Day, R. D., & Call, V. R. A. (2002). The Inventory of Father Involvement: A Pilot Study of a New Measure of Father Involvement. The Journal of Men’s Studies, 10(2), 183–196. https://doi.org/10.3149/jms.1002.183

Majeed, N. (2016). Parental social support: its role in upbringing of children. International Education and Research Journal, 2(11), 49-52. Diambil dari http://ierj.in/journal/index.php/ierj/article/view/530

Kiong, M. (2015). Mindful Parenting. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil dari http://repositori.kemdikbud.go.id/517/1/6.%20Mindfull%20Parenting.pdf

Landry, S. H. (2014). The role of parents in early childhood learning. Encyclopedia on Early Childhood Development, February, 1–6.

MacDonald, E. E., & Hastings, R. P. (2010). Mindful parenting and care involvement of fathers of children with intellectual disabilities. Journal of Child and Family Studies, 19(2), 236–240. https://doi.org/10.1007/s10826-008-9243-9

McCaffrey, S., Reitman, D., & Black, R. (2017). Mindfulness in Parenting Questionnaire (MIPQ): Development and Validation of a Measure of Mindful Parenting. Mindfulness, 8(1), 232–246. https://doi.org/10.1007/s12671-016-0596-7

McKee, L. G., Parent, J., Zachary, C. R., & Forehand, R. (2018). Mindful Parenting and Emotion Socialization Practices: Concurrent and Longitudinal Associations. Family Process, 57(3), 752–766. https://doi.org/10.1111/famp.12329

Moreira, H., & Canavarro, M. C. (2015). Individual and gender differences in mindful parenting: The role of attachment and caregiving representations. Personality and Individual Differences, 87, 13–19. https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.07.021

Mubarok, P. P. (2016). Program Pengasuhan Positif untuk Meningkatkan Keterampilan Mindful Parenting Orangtua Remaja. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 35–50. https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.1095

Partasari, W. D., Lentari, F. R. M., & Priadi, M. A. G. (2018). Gambaran Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak Usia Remaja (Usia 16-21 Tahun). Jurnal Psikogenesis, 5(2), 159. https://doi.org/10.24854/jps.v5i2.504

Sarkadi, A., Kristiansson, R., Oberklaid, F., & Bremberg, S. (2008). Fathers’ involvement and children’s developmental outcomes: a systematic review of longitudinal studies. Acta Paediatrica, 97(2), 153–158. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.2007.00572.x

Setyawan, D. (2017, 18 Desember). KPAI Sebut Pengaduan Kasus Anak di 2017 Menurun. Diambil dari https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-sebut-pengaduan-kasus-anak-di-2017-menurun

Sofyan, I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Syukur, A. (2015). Peran Pengasuh Membentuk Sikap Sosio Emosional Anak (Studi Kasus di Panti Asuhan). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1806

Usmarni, L., & Rinaldi. (2014). Perbedaan Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak pada Etnis Minang Ditinjau dari Tingkat Pendapatan. Jurnal RAP UNP, 5(1), 43–52. https://doi.org/10.24036/rapun.v5i1.6639

van Bemmelen, S. T. (2016). State of the World’s Fathers Country Report: Indonesia 2015. Jakarta Selatan: Rutgers WPF Indonesia. Diambil dari https://stateoftheworldsfathers.org/report/state-of-the-worlds-fathers-country-report-indonesia/

Widhiarso, W. (2010). Uji Linieritas Hubungan.

Wu, E. H. (2008). Parental Influence on Children’s Talent Development: A Case Study with Three Chinese-American Families. Journal for the Education of the Gifted, 32(1), 100–129. https://doi.org/10.4219/jeg-2008-826

Yulianti, T. R. (2014). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Pos PAUD Melati 13 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah). Jurnal EMPOWERMENT, 4(1), 11–24. Diambil dari http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/569




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v10i22021p80-92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sains Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Reference Manager : 

    

 

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.