Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Peningkatan Efikasi Diri Akademik pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Joko Parjianto, Agus Dwi Yanto, Dewi Erlita

Abstract


Masa peralihan dari lingkungan sekolah menengah atas (SMA) menjadi lingkungan perguruan tinggi membuat mahasiswa baru mengalami gegar budaya. Hal ini membuat mahasiswa baru di tahun pertama cenderung mengalami masalah efikasi diri akademik. Masalah efikasi diri akademik membuat mahasiswa baru merasa tidak yakin dengan kemampuannya dalam menghadapi beban tugas akademik yang sulit dan menantang, yang kemudian berdampak negatif pada proses perkuliahan. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan efikasi diri akademik pada mahasiswa baru, baik pada aspek pengetahuan, aspek sikap maupun aspek ketrampilan. Diharapkan mahasiswa baru setelah mengikuti pelatihan berpikir positif ini dapat meningkat efikasi diri akademiknya. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan tes prestasi, skala sikap dan lembar worksheet penugasan. Hasil penelitian ini adalah pelatihan berpikir positif dapat meningkatkan efikasi diri akademik pada mahasiswa baru. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji perbedaan dengan teknik Wilcoxon signed rank test dengan p sign sebesar 0,027 (aspek pengetahuan), 0,028 (aspek sikap) dan 0,026 (aspek ketrampilan). Keberhasilan pelatihan ini disebabkan oleh keaktifan para mahasiswa dalam mengikuti pelatihan serta penerapan pelatihan pada masalah akademik yang dialami.

References


Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press

Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company

Bandura, A. (1993). Perceived Self-Efficacy in Cognitive Development and Functioning. Educational Psychologist, 28, 117-148. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2802_3

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Baron, R. A. & Bryne, D. (2004). Psikologi Sosial, jilid 1 (Ratna Djuwita, Trans.). Jakarta: Erlangga. (2003).

Corey, G. (2007). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi (E. Koeswara, Trans.). Bandung: Refika Aditama.

Dwitantyanov, A., Hidayati, F. & Sawitri, D. R. (2010). Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif pada Efikasi Diri Akademik Mahasiswa (Studi Eksperimen pada Mahasiwa Fakultas Psikologi Undip Semarang). Jurnal Psikologi Undip, 8(2), 135-144. Diambil dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2958/2644

Elfiky, I. (2009). Terapi Berpikir Positif. Jakarta: Zaman.

Ertyastuti, A. J., Andayani, T. R. & Priyatama, A. N. (2011). Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif terhadap Asertivitas Remaja Panti Asuhan. Jurnal Wacana. Diambil dari https://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/wacana/article/view/25

Ghufron, M. N. & Risnawita, R. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Penerbit ArRuzz Media.

Halida, A. (2007). Pelatihan Berpikir Positif untuk Meningkatkan Penerimaan Diri pada Remaja Difabel (Master’s thesis). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.

Leigh, D. (2006). The Group Trainer’s Handbook: Designing and Delivering Training for Groups (3rd ed.). London and Philadelphia: Kogan Page.

Lestari, A. (1997). Pelatihan Berpikir Positif Untuk Menangani Sikap Pesimis dan Gangguan Depresi. Jurnal Psikologi, 24(2). Diambil dari https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/9982

Mathis, R. L. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Moekijat. (1990). Evaluasi Pelatihan dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Perusahaan. Bandung: Mandar Maju.

Mustaqim, R. (2010). Hubungan antara Kemandirian dengan Self Efficacy pada Mahasiswa: Studi Deskriptif-Analitik terhadap Mahasiswa UPI Angkatan 2008 (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.

Myers. D. G. (1989). Psychology (6th ed.). New York: Worth Publisher, Inc.

Noe, R., A. (2002). Employee Training and Development (2nd ed.). New York: McGraw-Hill Higher Education.

Nugroho, Obed Agung. (2007). Hubungan antara self-efficacy, penyesuaian diri dan prestasi akademik mahasiswa. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, XXXI(02), 55-65. Diambil dari http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/668

Pedoman Pendidikan Universitas Airlangga 2011/2012. (2011). Surabaya: Universitas Airlangga.

Penerimaan Mahasiswa Baru, Masa Pendampingan, Training

Pengembangan Diri. (2010, Agustus). Diambil dari https://psikologi.unpad.ac.id/penerimaan-mahasiswa-baru-masa-pendampingan-training-pengembangan-diri/

Pervin, L. A. & John, O. P. (2001). Personality: Theory and Research (8th ed.). New York: John Wiley and Sons.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja, 6th ed. (Shinto B. Adelar & Sherly Saragih, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Seligman, M. E. P., Steen, T. A., Park, N. & Peterson, C. (2005). Positive Psychology Progress: Empirical Validation of Interventions. Journal of American Psychologist, 60(5), 410-421. DOI: 10.1037/0003-066X.60.5.410

Seligman, M. E. P. (1991). Learned Optimism. New York: Alfred A. Knopf Publisher.

Silberman, M. L. & Auerbach, C. (2006). Active Training: A Handbook of Techniques, Designs, Case Examples, and Tips. San Francisco: Feiffer.

Susetyo, Y. F. (2004). Perubahan Perilaku Mengajar yang Humanis Guru Sekolah Dasar Setelah Menjalani Pelatihan Berpikir Positif (Laporan penelitian). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.

Wardani, D. S. K. (2012). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Efikasi Diri Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(2). Diambil dari http://journal.unair.ac.id/filerPDF/110710233_3v.pdf

Warsito, H. (2004). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi, 14(2).

Warta Unair, No. 94. (2013, Agustus). Surabaya: Universitas Airlangga.

Wijaya, I. P. (2012). Efikasi Diri Akademik, Dukungan Sosial Orangtua dan Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Perkuliahan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.30996/persona.v1i1.14

White, John Wesley. (2008). Tantangan-Tantangan Sosiolinguistik pada Kesuksesan para Mahasiswa. Universitas Colorado.

Yulia, Yuyun Vina. (2010). Efektivitas Pelatihan AMT (Achievement Motivation Training) dengan Pendekatan Spiritual terhadap Peningkatan Efikasi Diri Mahasiswa Tingkat Awal dalam Penyesuaian Akademik (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia). Diambil dari http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4311/




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v10i22021p93-100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sains Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Reference Manager : 

    

 

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.