Template Penulisan

1. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dengan spasi ganda, dicetak pada kertas A4 

2. Judul Artikel, Sekitar 15 Kata, Memberi Gambaran Penelitian yang Telah Dilakukan, Times New Roman 11, spasi 1, spacing after 6 pt

3. Nama Penulis Pertama (Times New Roman 11, Bold, spasi 1); Afiliasi (Program Studi, Fakultas, Universitas) dan Alamat e-mail (Times New Roman 10, spasi 1, spacing after 6 pt)

4. Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil penelitian. Kata-kata kunci dapat berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata-kata kunci 3-5 kata.

5. Bagian pendahuluan tanpa ada judul, terutama berisi: (1) permasalahan penelitian;  (2) wawasan dan rencana pemecahan masalah;    (3) rumusan tujuan penelitian; (4) rangkuman kajian teoritik yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

6. Isi pokok bagian Metode adalah:  (1) rancangan penelitian; (2) populasi dan sampel (sasaran penelitian); (3) teknik pengumpulan data dan pengembangan instrumen; (4) dan teknik analisis data. 

7. Hasil dan pembahasan: Hasil penelitian yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “bersih”. Tabel dan grafik dapat digunakan untuk memperjelas penyajian hasil penelitian secara verbal. Tabel dan grafik harus diberi komentar atau dibahas.

8. Penutup berisi simpulan dan saran. Simpulan menyajikan ringkasan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan, mengacu pada tujuan penelitian. Saran dapat mengacu pada tindakan praktis, pengembangan teori baru, dan/atau penelitian lanjutan.

9. Penulisan Daftar Pustaka mengikuti aturan sesuai dengan standar APA

 

Untuk format yang lebih lengkap dapat diunduh di https://drive.google.com/open?id=0B6lhG7snOFr-R2lHTkQ3al9Ld2s