PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIK LABORATORY TRAINING BERBASIS WEB VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH TEORI DAN PRAKTIK KONSTRUKSI KAYU

Priyono Priyono, Tri Kuncoro, Imam Alfianto, Isnandar Isnandar

Abstract


Abstrak:tujuan peneltiian ini adalah mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran praktik menggunakan model Laboratory Training Berbasis Web Virtual Laboratory dibandingkan mahasiswa yang belajar dengan metode konvensional pada matakuliah Teori Dan Praktik Konstruksi Kayu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ekperimen. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester IV Prodi PTB TS FT UM, yang memprogram matakuliah Teori dan Praktik Konstruksi Kayu. Untuk uji eksperimen digunakan dua offering/ kelas, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas yang lain sebagai kelompok kontrol. Ke dua kelompok ini diasumsikan sama dalam semua segi yang relevan dan hanya berbeda dalam pemberian perlakuan. Jenis data yang diperlukan adalah data tentang hasil belajar, yang diambil dengan teknik test perbuatan. Pengembangan tes berpedoman pada kisi-kisi pokok bahasan matakuliah praktik. Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan teknik uji t test. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang diajar yang diajar dengan metode pembelajaran praktik laboratory training berbasis web virtual dan kelompok mahasiswa yang diajar yang diajar dengan metode pembelajaran praktik laboratory training tanpa berbasis web virtual. Hal ini berarti metode pembelajaran praktik laboratory training berbasis web virtual lebih unggul dari pada metode pembelajaran praktik laboratory training tanpa tanpa web virtual

Kata-kata kunci: Laboratory Training, Web Virtual, Hasil Belajar, Konstruksi Kayu

Abstract: The purpose of this research is to find out whether there are differences in learning outcomes between students who study with a practical learning model using a Web Virtual Laboratory-Based Laboratory Training model compared to students who study using conventional methods in the Theory and Practice of Wood Construction courses. This study uses an experimental research design. The research subjects were fourth semester students of PTB TS FT UM Study Program, who programmed the Theory and Practice of Wood Construction courses. For the experimental test, two offerings/classes were used, one class as the experimental group and the other as the control group. These two groups are assumed to be the same in all relevant aspects and differ only in the treatment given. The type of data needed is data about learning outcomes, which are taken with an action test technique. The development of the test is guided by the grid of practical subjects. To test the proposed hypothesis, the t test technique was used. Based on the results of data analysis, it can be concluded that there are differences in learning outcomes between groups of students who are taught by using virtual web-based practical laboratory training learning methods and groups of students who are taught by using virtual web-based practical laboratory training learning methods. This means that the virtual web-based practical laboratory training learning method is superior to the laboratory training practice learning method without a virtual web.

Keywords: Laboratory Training, Virtual Web, Learning Outcomes, Wood Construction


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um071v27i12022p11-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats