PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SOCIAL SCIENCE INQUIRY PADA MATAKULIAH MANAJEMEN KONSTRUKSI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Suparno; Made Wena

Abstract


Abstrak:tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan proses pembelajaran matakuliah Manajemen Konstruksi dengan penerapan metode Social Science Inquiry. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini bersifat reflektif kolaboratif dengan melakukan tindakan-tindakan alternatif tertentu, sehingga dapat memperbaiki kegiatan pengajaran Manajemen Konstruksi secara lebih profesional. Penelitian ini dilaksanakan dengan langkah-langkah seperti (l) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (l) Penerapan metode Social Science Inquiry dalam matakuliah Manajemen Konstruksi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universiats Negeri Malang, dan (2) Penerapan metode Social Science Inquiry dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu mengubah proses pembelajaran dari dosen yang dominan aktif menjadi mahasiswa yang aktif.

Kata-kata kunci: Social Science Inquiry, Manajemen Konstruksi, Hasil Belajar, Proses Pembelajaran

Abstract: The purpose of this research is to improve student learning outcomes and learning process of Construction Management course with application of Social Science Inquiry method. The research design used is classroom action research. This action research is collaborative reflective by taking certain alternative actions, so as to improve the teaching activities of Construction Management in a more professional manner. The study was conducted with steps such as (1) action planning, (2) action implementation, (3) observation and (4) reflection on each cycle. The result of the research shows that (1) Application of Social Science Inquiry method in Construction Management course can improve student learning result of S1 Civil Engineering Faculty of Engineering Universiats Negeri Malang, and (2) Application of Social Science Inquiry method can improve learning quality that is change learning process from lecturer The active dominant being an active student..

Key Words: Social Science Inquiry, Construction Management, Learning Outcomes, Learning Process.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um071v22i12017p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats