IDENTIFIKASI DAN PENANGANAN RISIKO K3 PADA PROYEK JALAN

Riza Susanti

Abstract


Abstrak:Proyek jalan sarat dengan risiko, salah satu risiko yang kerap terjadi adalah risiko terkait K3. Tingginya jumlah kecelakaan kerja yang terjadi di lokasi proyek menunjukkan bahwa K3 belum diterapkan secara optimal di proyek, meski sudah ada regulasi yang mengaturnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan melakukan analisis untuk penanganan risiko K3 khususnya pada proyek jalan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan melakukan identifikasi risiko yang mungkin terjadi pada proyek jalan kemudian mengidentifikasi risiko tersebut untuk mengklasifikasikan terhadap kategori risiko tinggi, moderat atau rendah. Berdasarkan nilai probabilitas dan dampak yang dihasilkan terhadap sasaran proyek yaitu biaya, mutu dan waktu. Berdasarkan hasil identifikasi terdapat 6 (enam) kategori risiko yang kerap terjadi pada proyek jalan yaitu risiko terkait lokasi, risiko jalan akses, risiko galian, risiko timbunan, risiko struktur dan risiko clearing & striping. Jika menilik lebih detail lagi, maka dapat diketahui bahwa kejadian yang memiliki risiko tinggi atau berpotensi sering terjadi dan memiliki dampak besar bagi proyek adalah risiko adanya tabrakan/ tertabrak, risiko longsoran galian dan risiko adanya bekisting yang roboh. Selanjutnya tindakan mitigasi yang sesuai dengan risiko diperlukan untuk mengurangi dampak dan meminimalisir potensi terjadinya risiko tersebut. Output dari penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi stakeholder proyek dalam upaya optimalisasi penerapan K3 pada proyek jalan.

Kata-kata kunci: Jalan, Kecelakaan, K3, Proyek, Risiko

Abstract: Road projects are full of risks, one of the risks that often occurs is the risk related to K3. The high number of work accidents that occur at the project site shows that K3 has not been implemented optimally in the project, even though there are regulations that regulate it. This study aims to identify and conduct an analysis for handling OHS risks, especially in road projects. The method used in this research is descriptive quantitative by identifying risks that may occur in road projects and then identifying these risks to classify them into high, moderate or low risk categories. Based on the probability value and the resulting impact on the project objectives, namely cost, quality and time. Based on the identification results, there are 6 (six) risk categories that often occur in road projects, namely location-related risks, access road risks, excavation risks, embankment risks, structural risks and clearing & striping risks. If we look in more detail, it can be seen that the events that have a high risk or have the potential to occur frequently and have a major impact on the project are the risk of a collision/hit, the risk of excavated avalanches and the risk of the formwork collapsing. Furthermore, mitigation actions that are appropriate to the risk are needed to reduce the impact and minimize the potential for the risk to occur. The output of this research can be used as input for project stakeholders in optimizing the implementation of OHS on road projects.

Keywords: Road, Accident, OHS, Project, Risk


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um071v27i22022p55-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats