POTRET PEREMPUAN INDONESIA DALAM CERPEN “RUSMI INGIN PULANG” KARYA AHMAD TOHARI KAJIAN FEMINISME SASTRA

Nur Kholis, Evi Chamalah

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Potret Perempuan Indonesia dalam Cerpen “Rsmi Ingin Pulang” Karya Ahmad Tohari dengan Menggunakan Kajian Feminisme Sastra. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Potret Perempuan Indonesia dalam Cerpen “Rsmi Ingin Pulang” Karya Ahmad Tohari. Data yang ada dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, atau kalimat dalam Cerpen Rusmi Ingin Pulang. Sumber data penelitian ini adalah Cerpen Rusmi Ingin Pulang Karya Ahmad Tohari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian kualitatif disajikan dalam bentuk kata, frasa dan kalimat (Neuman, 2000). Sumber data penelitian ini adalah cerpen karya Ahmad Tohari yaitu: Rusmi Ingin Pulang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pembacaan hermeneutik oleh Riffaterre (1978). Instrumen penelitian menggunakan kartu data berupa tabel. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan bertumpu pada teori Selden (Pradopo, 1991:137). Berdasarkan penelitian pada cerpen rusmi ingin pulang karya Ahmad Tohari tentang potret perempuan Indonesia dihasilkan dua point penting di dalamnnya. Yaitu bagaimana pandangan laki-laki tehadap perempuan dan bagaimana sikap wanita dalam membatasi dirinya. Dari dua point tersebut dapat di rinci kembali menjadi lima yakni tentang biologi, pengalaman, wacana, proses ketidaksadaran, dan tuntutan sosial dan ekonomi. Pada pandangan laki-laki terhadap perempuan dihasilkan data sebanyak 5 ilustrasi. Sedangkan pada sikap wanita dalam membatasi dirinya dihasilkan 4 ilustrasi.

Kata kunci: Feminisme, Rusmi Ingin Pulang


Full Text:

PDF

References


Pradopo, Rachmad Djoko. 1991. “Penelitian Satstra Indonesia”. Jakarta: Makalah Kongres Bahasa Indonesia V, Pusat Bahasa.

Sugihastuti. 2002. Teori dan Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Moeliono, Anton, dkk. 1990. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Riffaterre, Michael. 1978. Semiotics of Poetry. Bloomington: Indiana University Press.

Sugihastuti. 2000. “ Citra Dominasi Laki-laki atas Perempuan dalam Saman” dalam Sastra: Ideologi, Politik, dan Kekuasaan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  EBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH SINTA RISTEKDIKTI OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License