TINJAUAN PSIKOLOGI TOKOH PADA NASKAH DRAMA BULAN BUJUR SANGKAR KARYA IWAN SIMATUPANG

Febri Arianto

Abstract


Penilitian ini bertujuan guna mendeskripsikan aspek psikologi yang terdapat pada tokoh-tokoh yang terdapat dalam naskah drama Bulan Bujur Sangkar karya Iwan Simatupang. Terdapat beberapa hal yang manjadi fokus diantara lain pada aspek Id, Ego dan Superego masing-masing sifat tokoh pada naskah drama ini. Aspek psikologi yang amat rumit, membuat penjabaran lebih luas demi terciptanya suatu pemahaman tentang maksud si penulis menuangkan cerita tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menerapkan  pengumpulan data secara pustaka serta merta karena dilihat dari proses penelitian pada naskah drama Bulan Bujur Sangkar karya Iwan Simatupang ini yang menjelaskan beberapa aspek penting di dalam setiap dialog masing-masing tokoh. Proses analisis menerapkan teknik membaca dan memahami secara rinci isi di dalam naskah drama serta menganalisis menggunakan pendekatan psikologi. Pemahaman teori saat proses penelitian berlangsung membuat  keterkaitan sangat erat dengan penelitian sehingga dialog antar tokoh dapat menjadi rujukan dalam menentukan Id, Ego, dan Superego masing-masing tokoh. Aspek psikologi pada naskah drama ini dapat diimpelementasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang terdapat sastra di dalamnya, karena struktur Id, Ego, dan Superego memberikan dampak pada peserta didik khususnya usia SMP dan SMA yang sedang berkembang dalam psikologi dalam dirinya masing-masing serta menambah pengetahuan mengenai tokoh yang terdapat dalam naskah drama Bulan Bujur Sangkar karya Iwan Simatupang.

Kata Kunci: Psikologi, Drama, Implementasi

 


Full Text:

PDF

References


Astudi, Dkk. (2016). Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Dalam Novel Entok Karya Okky Madasaro Serta Relevansinya sebagai materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah. Jurnal BASASTRA Vol. 4 No. 2, Oktober 2016, ISSN 2302-6405

Dayana, dkk. (2020). Representasi Gangguan Psikologis Tokoh Orang Pertama dan Orang kedua dalam Naskah Drama “Aljabar” karya Zak Sorga: Telaah Psikologi Sastra. Jurnal Pena Literasi.

Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Fanani Adib, M. (2008). Struktur dan Mekanisme Pemerintahan Jiwa Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerpen Nyanyian Imigran (Kumpulan Cerpen Buruh Migran Indonesia) Telaah Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Artikulasi Vol. 6 No. 2 Agustus 2018.

Hasanuddin WS. 2009. Drama Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angksa

Herawati, dkk. (2018). Analisis Struktural Naskah Drama Raja Galau. Jurnal ILEL e-ISSN: 2502-2261 Vol. 3 No. 2 Juli 2018, 171-180.

Istiqomah D & Isnanto. (2019). Makna Pupuh (Tembang) dalam Tradisi Ritual Sandingan Masyarakat Jawa Kabupaten Kediri. Jurnal PBSI Vol. 7 No. 2, Juli- Desember 2019.

Ratna, Nyoman K. 2007. Teori Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sangidu. 2004. Penelitian Sastra, Pendekatan, Teori, Metode, Teknik dan Kiat. Yogyakarta: UGM.

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  EBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH SINTA RISTEKDIKTI OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License