Evektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Paragraf Deskripsi dan Eksposisi Saat Pandemi Covid-19 Melalui Aplikasi Youtube

Rizka Nur Azzizah, Aninditya Sri Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebarapa efektif penggunaan youtube terhadap pembelajaran bahasa Indonesia pada materi paragraf deskripsi dan eksposisi disaat pandemi covid-19 berlangsung dikarenakan pada masa covid-19 saat ini sekolah/universitas tidak melakukan tatap muka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan angket untuk siswa/mahasiswa diberbagai wilayah di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan youtube pada pembelajaran bahasa Indonesia materi paragraf deskripsi dan eksposisi efektif digunakan dengan rata-rata 54 dengan nilai ideal 71.

References


Acharya, H, dkk. (2018). The effectiveness of applied learning: an empirical evaluation using role playing in the classroom. Vol -12 Nomor-3. Doi: 10.1108/JRIT-06-2018-0013.

Akbar, M.F. Efektivitas Komunikasi dalam Pelaksanaan Kegiatan Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Ikatan Guru Indonesia (IGI) DIY.

Gani, A.R. 2014. Suka Berbahasa Indonesia. Jakarta: Gaung Prasada Press Group.

Hanafi, Halid. 2018. Prefesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah.Yogyakarta: Deepublish.

Kamhar, M.Y, Lestari, L. (2019). Pemanfaatan Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Volume-1 Nomor-2. Doi: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356.

Munirah. 2015. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Putra, A.C. 2020. Tanya Jawab Covid-19. Jakarta: Guepedia.

Septiani, M, Maria, T.N. (2018). Media Audio Visual Untuk Pembelajaran Musikalisasi Puisi. BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya. Volume-3 Nomor-1.

Setyawan, D. 2016. Rahasia Mendapatkan Dollar dari Youtube. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sitorus, J.P. 2019. Mengenal Tata Bahasa Indonesia. Malang: Evernity.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tan, T. 2017. Teaching is An ART: Maximize Your Teaching. Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  EBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH SINTA RISTEKDIKTI OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License