KARAKTERISTIK TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP

Mevi Maria Nova, Sumadi Sumadi

Abstract


Fokus penelitian ini ialah karakteristik teks deskripsi dilihat dari struktur isi dan ciri kebahasaan karya siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan racangan penelitian kualitatif dan merupakan penelitian analisis teks. Hasil penelitian ini ada dua, yaitu (1) struktur isi berupa identifikasi, deskripsi bagian, simpulan, tatanan unsur teks deskripsi lengkap, serta tatanan unsur tidak lengkap, dan (2) ciri kebahasaan berupa kata kerja aksi, kata sifat untuk mendeskripsikan objek, kata benda terkait objek yang dideskripsikan, kata-kata yang dapat memancing kesan serta citra indrawi dan suasana batiniah pembaca, sinonim, kata khusus, kalimat rincian, dan kalimat rincian untuk mengongkretkan.

Full Text:

PDF

References


Dawud. 2008. Perspektif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Harsiati, Titik. 2014. Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kridalaksana, H. 2005. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muslich, M. 2010. Garis-Garis Besar Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurgiyantoro, B. 2014. Stilistika. Yogyakarta: GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS.

Priyatni, E.T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF DOAJ Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License