Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Islam Diponegoro Wagir

Sandra Yoga Pratama

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh media sosial instagram terhadap kemampuan menulis cerpen yang meliputi (1) pemilihan tema, (2) pemilihan alur, (3) penempatan tokoh, (4) penggunaan latar, (5) penggunaan sudut pandang. Dari lima aspek tersebut dapat diketahui seberapa berpengaruhnya media sosial instagram terhadap kemampuan menulis cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Diponegoro Wagir semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Pada penelitian ini sampel yang dipilih adalah keseluruhan dari populasi dikarenakan jumlah populasi kurang dari seratus. Instrumen penelitian ini berupa tes menulis cerpen dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Data penelitian ini berupa skor kemampuan menulis cepen mencakup skor tema, alur, tokoh, latar, dan sudut pandang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes pretes dan postes. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu (1) uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, dan (2) uji hipotesis.

Kata Kunci: media sosial, keterampilan menulis cerpen


Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2013). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Nurchasanah dan Hs, Widodo. (1993). Keterampilan Menulis dan Pengajarannya. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rampan, K L. (2009). Apresiasi Cerpen Indonesia Mutakhir. Jakarta: Bukupop.

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra. Semarang: Graha Ilmu.

Sehandi, Y. (2016). Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Shinta, Y. D., Chamalah, E., & Arsanti, M. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN MEDIA VIDEO ANIMASI PERISTIWA SOSIAL BERMUATAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI. BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 1(2), 59–71.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo, J. (2007). Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H. G. (1994). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v3i12019p013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF DOAJ EBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH SINTA RISTEKDIKTI OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License