PENGARUH STRATEGI PARSING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MALANG

Sripit Widiastuti, Abdul Syukur Ghazali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi parsing sintaksis, pengaruh strategi parsing semantik, dan perbedaan pengaruh strategi parsing sintaksis dan semantik terhadap kemampuan menyimak siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai (1) sig(2-tailed) adalah 0,000, artinya parsing sintaksis berpengaruh terhadap kemampuan menyimak siswa, (2) sig(2-tailed) adalah ≤ 0,05 , artinya parsing semantik berpengaruh terhadap kemampuan menyimak siswa, dan (3) sig(2-tailed) adalah 0,000 artinya terdapat perbedaan pengaruh penggunaan parsing sintaksis dan parsing semantik terhadap kemampuan menyimak siswa serta sig(2-tailed) adalah 0,390 dan 0,712 artinya tidak terdapat perbedaan pengaruh penggunaan parsing sintaksis dan parsing semantik terhadap kemampuan menyimak siswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v1i12017p087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH DOAJ

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License