PENGARUH STRATEGI PARSING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MALANG
Sripit Widiastuti, Abdul Syukur Ghazali
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi parsing sintaksis, pengaruh strategi parsing semantik, dan perbedaan pengaruh strategi parsing sintaksis dan semantik terhadap kemampuan menyimak siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai (1) sig(2-tailed) adalah 0,000, artinya parsing sintaksis berpengaruh terhadap kemampuan menyimak siswa, (2) sig(2-tailed) adalah ≤ 0,05 , artinya parsing semantik berpengaruh terhadap kemampuan menyimak siswa, dan (3) sig(2-tailed) adalah 0,000 artinya terdapat perbedaan pengaruh penggunaan parsing sintaksis dan parsing semantik terhadap kemampuan menyimak siswa serta sig(2-tailed) adalah 0,390 dan 0,712 artinya tidak terdapat perbedaan pengaruh penggunaan parsing sintaksis dan parsing semantik terhadap kemampuan menyimak siswa.
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Indonesian Language, Literature, and Learning Journal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN :2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017