Disinkronisasi Perkembangan Bahasa dan Penanganannya pada Anak Autis (Studi Kasus pada Imam Fikri Akbar)
Abstract
Disinkronisasi hal yang biasa terjadi pada anak autis, terutama mengenai pemerolehan bahasa. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketidakseimbangan (disikronisasi) perkembangan bahasa pada anak autis dan penanganannya pada kasus IFA. Disinkronisasi perkembangan bahasa IFA dideteksi sejak kecil. Pemerolehan bahasa IFA mengalami keterlambatan dari segi fonologi, morfologi, sintaksis, leksikon dan pragmatik. Ia juga mengalami gangguan dyphasia dan sedikit penguasaan tatabahasa. Gangguan kebahasaan pada IFA dapat diatasi dengan kerjasama antara orangtua dengan terapis, guru dan dengan lingkungan. Lingkungan di rumah, di sekolah, dan masyarakat. Lingkungan yang dapat menerima perbedaan yang ada pada diri anak autis akan membantu mereka dalam mengatasi masalah.
Kata Kunci: disinkron, autis, dysphasiaFull Text:
PDFReferences
Daftar Rujukan:
Antonius, Wiliam. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Media Kartu Jadwal terhadap
Kemampuan Berbahasa Anak Autis. Jurnal Ortopedagogia, Vo. 1, No. 3.
Arsanti, Meilan. 2014. Pemerolehan Bahasa pada Anak Autis (Kajian
Psikolinguistik). Jurnal PBSI, Vol. 3 No 2.
Apostelina, Eunike. 2012. Resiliensi Keluarga pada Keluarga yang Memiliki
Keluarga yang Memiliki Anak Autis. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi Vol. 1 No.1.
Chodidjah, Siti. 2018. Pengalaman Ibu Merawat Anak Usia Sekolah dengan
Autis. Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol. 21, No. 2, hal 94-100.
ISSN 1410-4490, el ISSN 2354-9203 DOI: 10.7454/jki.v2Ii2.545.
Daulay, Nurussakinah. 2016. Gambaran Ketangguhan Ibu dalam Mengasuh Anak
Autis. Jurnal Penelitian Psikologi Psikohumaniora: Volume 1 No. 1.
ISSN: 2502-9363 (p); 2527-7456 (e)
Mansur. 2016. Hambatan Komunikasi Anak Autis. Jurnal Al-Munzir Vol. 9, No. 1.
Marijani, Leni (Penyunting). 2003. Bunga Rampai, Seputar Autisme dan
Permasalahany. Jakarta : Putera Kembara Foundation.
Nurhastuti. 2016. Program Konseling Keluarga bagi Orang Tua yang Memiliki Anak
Autis. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) ISSN Cetak:
-8524 ISSN Online: 2502-8103. http://jurnal.iicet.org.
DOI: https://doi.org/10.29210/02017103 Vol. 2 No. 1 Hal. 45-50.
Van Tiel, Julia Maria. 2007. Anakkku Terlambat Bicara (Anak Berbakat dengan
Disinkronitas Perkembangan: Memahami dan Mengasuhnya). Jakarta:
Kencana.
Siwi, Aisti Rahayu Kharisma. 2017. Strategi Pengajaran Interaksi Sosial pada Anak
Autis. Jurnal Ilmiah Psikologi Indigenous. Vol. 2 No. 2.
Suteja, Jaja. 2014. Bentuk dan Metode Terapi terhadap Anak Autis Akibat Bentukan
Perilaku Sosial. Jurnal Edueksos Vol. 3 No. 1.
Tussolekha, Rohmah. 2015. Mekanisme Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Satu
Tahum dan Lima Tahun. Jurnal Pesona Vol. 1 No. 2.
Usop, Dwi Sari. 2016. Analisis Fungsi Jenis Pendidikan bagi Anak Autis. Jurnal
Anterior Volume 15 Nomor 2. ISSN 1412-1395 (cetak) 2355-3529 (elektronik).
Yulianto, Jurnal Keperawatan dan Kebidanan. Stikes Dian Husada Mojokerto
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIK/article/download/5291/4434.
http://odazzander.blogspot.com/2018/05/perkembangan-bahasa-komunikasi-anak.html.
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jspp/article/download/2887/3540
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:














BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License