KOMPETENSI LITERASI DIGITAL BAGI GURU DAN PELAJAR DI LINGKUNGAN SEKOLAH KABUPATEN MALANG

Andi Asari, Taufiq Kurniawan, Sokhibul Ansor, Andika Bagus Nur Rahma Putra

Abstract


Di era millennial seperti saat ini penggunaan media digital semakin massive, kalangan pelajar dan guru merupakan pengguna aktif. Penelitian mengenai kompetensi literasi digital dilingkungan sekolah masih tergolong sedikit. Subyek dari penelitian ini adalah para guru dan pelajar dilingkungan sekolah kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pentingnya program pembelajaran kompetensi literasi digital dikalangan guru dan pelajar yang memberikan dampak positif bagi pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan media digital khususnya untuk media pendidikan. Program ini memberikan kontribusi yang baik bagi guru dan pelajar. Pada proses pelatihan para peserta belum semuanya memilki keterampilan literasi digital, sehingga beberapa guru dan pelajar ada yang belum paham cara efektif dalam memanfaatkan media informasi digital. Oleh karena itu pembelajaran literasi digital perlu diterapkan karena merupakan solusi praktis untuk membangun kompetensi literasi digital bagi guru dan pelajar, agar terbentuk SDM yang memiliki karakter dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Kata Kunci: kompetensi, literasi digital, sekolah


Full Text:

PDF

References


Amalia, R. R. Literasi Digital Pelajar SMA: Kemampuan Berkomunikasi dan Berpartisipasi Pelajar SMA Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Internet. Jurnal Studi Pemuda, 4(1), 224-240.)

Asari, Andi, et al. 2018. "LITERACY BASED SHARING KNOWLEDGE ON THE COMMUNITY." ISLLAC: Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture 2.2 :92-98.

Asari, Andi, 2014. Kesiapan Perpustakaan dalam Menerapkan Teknologi Informasi. Diss. Universitas Gadjah Mada.

Astuti ,Yanti Dwi, et al. 2018. “MUSLIM MILLENIAL RAMAH DIGITAL Mari Tabayyun dalam Berinteraksi” Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Horrigan, John B. 2002. New Internet Users: What They Do Online, What They Don’t, and Implications for the ‘Net’s Future, tersedia pada http://www.pewinternet.org/pdfs/New_User_Report.pdf

Juharis Rasul, 2008, teknologi informasi dan komunikasi, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Jakarta: Quadra.

Jan H. Kietzmann, etl ,2011, Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media, Business Horizons 54, 241-251

Matraisa BAT, 2014. Studi deskriptif perilaku bullying pada remaja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 3 1 : 1-17

Pooter dalam Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51-66.).

Pratiwi, N., & Pritanova, N. 2017. Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja. Semantik, 6(1), 11-24.)

Respati, S. ,2017. Mengapa Banyak Orang Mudah Percaya Berita―Hoax‖?Kompas.com. Retrieved from http://nasional.kompas.com/read/2017/01/23/18181951/mengapa.banyak.o rang. mudah.percaya.berita.hoax .

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. 2019. MODEL PENGUATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN E-LEARNING. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200-1214.)

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. PEDAGOGIA, 16(2), 146-156.)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v3i22019p98-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic