INOVASI LAYANAN RUANG BACA ANAK DI DINAS PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP DAERAH KOTA MALANG
Abstract
merupakan salah satu perpustakaan umum yang memiliki ruang
baca anak. Dengan motto “layanan sepenuh hati”, ruang baca anak
memberikan layanan khususnya untuk kunjungan berkelompok.
Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan
studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya
inovasi layanan, ruang baca anak dapat mengoptimalkan layanan
yang diberikan pada kunjungan berkelompok. Selain itu, statistik
jumlah kunjungan juga meningkat.
Kata kunci: ruang baca anak, inovasi layanan, kunjungan berkelompok
Public Library and Regional Archives Service of Malang City is one
of the public libraries that has children's reading rooms. With the
motto "wholehearted service", children's reading rooms provide
services especially for group visits. The research method uses
descriptive qualitative.Data collection techniques used in this study
were interviews, observation, and study of documents. The results
showed that with the innovation of services, children's reading
rooms can optimize the services provided, especially for group visits.
In addition, statistics on the number of visits also increased.
Keywords: children's reading room, service innovation, group visits
Full Text:
PDFReferences
Afidah, Nur. 2017. Strategi Promosi di Perpustakaan Umum Kota Batu. Tugas Akhir
tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Amstrong, Thomas. 2004. Membangkitkan Bakat Alami Kejeniusan Anak Anda.
Terjemahan okeh Margaritifera. Batam: Interaksa.
Elfisa, Muhammad Khoironi, Yunaldi. 2017. Layanan Anak pada Perpustakaan
Proklamator Bung Hatta dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak. Diakses pada
laman http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-palime4cd11c0352full.pdf
Hartono. 2015. Dasar-dasar Manajemen Perpustakaan dari Masa ke Masa. Malang: UIN
Maliki Press.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia
Mengalami Peningkatan. Dikutip melalui laman
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisaindonesia-mengalami-peningkatan
Kurniawan, Heru. 2013. Keajaiban Mendongeng. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Larasati, Lia destiana, dkk. 2016. Peningkatan Kreativitas dalam Kegiatan Mewarnai
dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol.1, 62-
Diakses pada laman https://ejournal.unib.ac.id
Nathanson. 2006. Harnessing the Power of Story: Using Narrative Reading and
Writing Across Content Areas.Reading Horizon.Volume 1. Halaman 47-86
Rahma,dkk. 2015. Strategi Peningkatan Minat Baca Anak: Studi pada Ruang Baca
Anak Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Jurnal
Administrasi Publik (JAP) Vol. 3 No. 5. Diakses pada laman
http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/862
Rahmawati, Anayanti. 2014. Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif
untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Volume
III, Edisi 1. Diakses pada laman https://journal.uny.ac.id
Saleh, A. Rahman., & Rita Komalasari. 2010. Materi pokok manajemen perpustakaan.
Jakarta:Universitas Terbuka.
Shejina,S & Ramaiah, C.K. 2011. Impact of Library and Information Science study
tour on MLIS students: a case study. Journal of Grandhalaya Sarvaswam.72(3)
pp.14-16 &19. Diakses pada laman
https://www.researchgate.net/publication/281105817_Impact_of_Library_Informa
tion_Science_Study_Tour_on_MLIS_students_a_case_study
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v4i12020p29-41
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BIBLIOTIKA indexed by:
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic