PENGARUH AKTIVITAS PENELUSURAN INFORMASI TERHADAP JEJAK DIGITAL DI YOUTUBE BAGI GENERASI MILLENIAL

Evi Aprilia Sari

Abstract


Informasi merupakan kebutuhan setiap orang untuk memenuhi
pengetahuan dan rasa ingin tahu mengenai sesuatu. Informasi saat ini
dikemas dengan menarik dan disebarluaskan dengan memanfaatkan
perkembangan teknologi informasi, salah satunya new media yaitu
media sosial. Setiap lapisan masyarakat tentunya generasi milenial
memiliki akun media sosial dalam perangkat penelusuran informasi
bawaan Google. Informasi yang diberikan oleh layanan dari Google
merupakan hasil pengindeksan rekam jejak digital pengguna dalam
setiap aktivitas penelusuran informasi di internet. Jejak digital
pengguna dari aktivitas penelusuran informasi akan dikumpulkan lalu
memberikan informasi yang relevan terkait suatu informasi yang
sering ditelusuri dan disukai. Namun sebagian orang belum
mengetahui bagaimana media sosial yang terintegrasi Google seperti
halnya YouTube dapat memunculkan dan memberikan informasi yang
sering ditelusuri dengan tepat. Informasi tersebut berupa sponsor atau
promosi suatu iklan dari klien yang berkerjasama dnegan pihak
Google. Fokus penilitian ini akan membahas mengenai pengaruh
aktivitas penelusuran informasi terhadap jejak digital di youtube bagi
generasi milenial. YouTube menjadi ladang yang menarik untuk
memberikan interface iklan kepada pengguna secara efektif. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskrptif.
Tujuan penilitian ini untuk mengetahui bahwa aktivitas yang
dilakukan pengguna atau generasi milenial untuk memenuhi
kebutuhan informasi akan berpengaruh terhadap jejak digital yang
dimilikinya selama menggunakan platform Google.
Kata kunci: Penelusuran informasi, jejak digital, generasi milenial, YouTube

Information is everyone's need to meet knowledge and curiosity about
something. Information is currently packaged attractively and
disseminated by utilizing the development of information technology,
one of which is new media, namely social media. Every layer of society
certainly millennial generation has social media accounts in Google's
default information search device. Information provided by services
from Google is the result of indexing the user's digital track record in
every information search activity on the internet. The user's digital
footprint from information retrieval activities will be collected and
then provide relevant information related to information that is
frequently searched and liked. But some people don't yet know how
integrated Google social media like YouTube can bring up and provide
information that is often traced right. This information is in the form of
sponsorship or promotion of an advertisement from a client who
cooperates with Google. The focus of this research will be to discuss
the effect of information retrieval activities on the digital footprint on
millennial generations. YouTube is an interesting field to effectively
provide advertising interfaces to users. The method used in this
research is quantitative descriptive. The purpose of this research is to
find out that the activities carried out by users or millennial
generations to meet information needs will affect their digital footprint
while using the Google platform.
Keywords: Information search, digital footprint, millennial generation, YouTube

Full Text:

PDF

References


Akbar, Ali. 2018. Efektifitas Youtube Sebagai Media Penyebaran Informasi. (Online),

(https://repository.ar-raniry.ac.id/5845/4/Ali%20Akbar.pdf) diakses 1 Mei 2019

Cahyaningsih, Endah. 2017. Pemilihan dan Pemanfaatan Media sosial Sebagai Sarana

Komunikasi Pemasaran Online Toko Hawa Busana. (Online),

(http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/wp

content/uploads/2017/11/JURNAL%20EndahCahyaningsih%20(1302095033)

%20(11-16-17-04-17-03).pdf) diakses 8 Mei 2019

Chandra, Edy. 2017. Youtube, Citra Media Informasi Interaktif Atau Media Penyampaian

Aspirasi Pribadi. (Online),

(https://www.researchgate.net/publication/327473842_YOUTUBE_CITRA_

MEDIA_INFORMASI_INTERAKTIF_YOUTUBE_CITRA_MEDIA_INFORMA

SI_INTERAKTIF_ATAU_MEDIA_PENYAMPAIAN_ASPIRASI_PRIBADI)

diakses 6 Mei 2019

Google. 2019. Kebijakan Privasi Google. (Online),

(https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:xx254bWj8Z4J:htt

ps://policies.google.com/privacy%3Fhl%3Did+&cd=1&hl=id&ct=clnk)

diakses 1 Mei 2019

Hidayatullah, Syarif.,Waris, Abdul., Devianti, Riezky Chris., [dkk]. 2018. Perilaku

Generasi Milenial Dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. (Online),

(http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jmdk/article/view/2560) diakses 1

Mei 2019

Hitsss.com. 2016. Kenali Lebih Jauh Karakteristik Generasi Millenial Lewat 7 Poin Ini.

(Online), (https://www.hitsss.com/kenali-lebih-jauh-karakteristik-generasimillennial-lewat-7-poin-ini/) diakses 3 Mei 2019

Hutapea, Victor Maruli. 2010. Studi Observasi Konten Iklan Berdasarkan Tahapan

Keputusan Pesan (Kasus Pada Billboard Di Yogyakarta). (Online), (http://ejournal.uajy.ac.id/1724/) diakses 6 Mei 2019

Juditha, Christiany., Dermawan, Josep. 2018. Pengguna Media Digital dan Partisipasi

Politik Generasi Milenial. (Online),

(https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkop/article/view/1628) diakses 1

Mei 2019

Majid, M. 2019. Iklan Meida Sosial Geser Dominasi Iklan Mesin Pencari ? Ini Alasannya.

(Online), (https://www.maxmanroe.com/iklan-media-sosial-geser-dominasiiklan-mesin-pencari-ini-alasannya.html) diakses 8 Mei 2019

Muthoa, Muhammad Faris. 2017. Sistem Notifikasi Bel Rumah Pada Ponsel

Menggunakan Raspberry PI. (Online), (http://eprints.polsri.ac.id/4311/)

diakses 7 Mei 2019

Putri .A, Verantika Ayuning. 2017. Pengaruh Iklan Televisi, Iklan Online Dan Iklan Cetak

Terhadap Kesadaran Merek (Studi Kasus Pada Pengunjung Minimarket Alfamart di

Kadipiro, Surakarta). (Online), (http://eprints.iain-surakarta.ac.id/909/)

diakses 6 Mei 2019

Shah, Sunil S., Mistry, Kaushal K. 2016. New Methodology for YouTube Video Search

Engine Optimization. (Online),

(http://www.ijircce.com/upload/2016/august/140_27_New.pdf) diakses 7

Mei 2019

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods).

Bandung : Alfabeta.

Yusainy, Cleoputri., Chawa, Anif Fatma., Kholifah, Siti. 2017. Social Data Analytics

Sebagai Metode Alternatif Dalam Riset Psikologi. (Online),

(https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/27751/pdf)

diakses 8 Mei 2019

Wang, Xian wen., Fang, Zhichao., Guo, Xinhui. 2016. Tracking The Digital Footprints to

Scholarly Articles From Social Media. (Online),

(https://link.springer.com/article/10.1007/s11192-016-2086-z) diakses 30

April 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v4i12020p42-55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic