TINGKAT KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP ONLINE CATALOG DI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA
Abstract
kesesuaian atau kesamaan antara yang di inginkan dengan yang
diperoleh. Pembatasan pada istilah kepuasan adalah tingkatan
pada pemustaka merasa puas terhadap online catalog (dengan
mengakses). Dalam penelitian ini penilaian kepuasan
menggunakan model End-User Computing Satisfaction (EUCS).
Model ini memiliki lima indikator diantaranya, Isi (Content),
Keakuratan (Accuracy), Tampilan (Format), Kemudahan
Pengguna (Ease Of Use), dan Ketepatan Waktu (Timeliness).
Online catalog adalah Komputerisasi dari katalog yang dimana
dulu katalog hanya berbentuk lembaran kertas. Online catalog
merupakan salah satu contoh nyata dari sistem temu kembali,
dimana sistem kembali merupakan sistem yang dapat
menghubungkan antara pemustaka dengan informasi koleksi
yang dibutuhkannya. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini ialah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pemustaka
terhadap online catalog menunjukkan pada rentang hasil
persentase sebesar 86,59%. Sesuai dengan skala interval tingkat
kepuasan, rentang hasil tersebut memiliki kategori tingkat
kepuasan yang Tinggi.
Kata kunci: Kepuasan, Model EndUser Computing Satisfaction (EUCS), Online Catalog /OPAC, Sistem temu kembali
Full Text:
PDFReferences
Dewa, Radin. 2016. Analisis Kepuasan Penggunaan Terhadap Portal Program Studi
Informatika menggunakan EUCS (End User Computting Satisfaction), (Online),
dari (http://if.binadarma.ac.id/sipi/jurnal/Jurnalskripsi%20sipi%20dewa%20dewa%2012142260.pdf), diakses 6 Oktober 2018.
Doll, William & Ghlamreza Torkzadeh. 1988. The Measurement of End-User Computing
Satisfactio., (online), (https://www.jstor.org/stable/pdf/248851), diakses 10
Oktober 2019.
Gravetter, Frederick. J & Larry B. Wallnau. 2014. Pengantar Statistik Sosial. Jakarta:
Salemba Humanika.
Rasman, Yoel Indra Kusuma. 2012. Gambaran Hubungan Unsur-Unsur End-User
Computing Satisfaction Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Rumah
Sakit di Rumah Sakit Umum Daerah Depok Tahun 2012, (online),
(http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20318250-SYoel%20Indra%20Kusuma%20Rasman.pdf), diakses 18 April 2019.
Supriyatna, Adi. 2015. Analisis dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi
Perpustakaan dengan Menggunakan Pieces Framework. Jurnal Pilar Nusa
Mandiri XI (1), Dari
http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/1
/123.
Ulfah, Alfiani. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pemustaka Pemakai
Akhir Sistem Informasi Akuntansi. (online),
(http://eprints.ums.ac.id/42706/16/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf), diakses
Juli 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v4i12020p97-106
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BIBLIOTIKA indexed by:
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic