PENINGKATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Taufiq Kurniawan, Imam Suyitno, Ary Fawzi, inawati inawati

Abstract


Proses pengelolaan perpustakaan sekolah dengan menggunakan bantuan teknologi informasi seperti pengelolaan dengan menggunakan komputer dan software untuk perpustakaan disebut dengan otomasi perpustakaan. Bidang pekerjaan yang dapat diintegrasikan dengan sistem informasi perpustakaan adalah pengadaan bahan pustaka, pengolahan bahan pustaka, OPAC (Online Public Access Catalog), sirkulasi bahan pustaka, pengelolaan anggota, statistik dan lain sebagainya. Otomasi perpustakaan bukanlah hal yang baru lagi dikalangan dunia perpustakaan, program otomasi perpustakaan telah menjadi mode perkembangan perpustakaan khususnya di Indonesia. Konsep dan implementasinya sudah dilakukan sejak lama, yaitu sejak perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih dan sejak tersedianya sofware untuk sistem otomasi perpustkaan. Software perpustakaan yang cukup terkenal dan banyak digunakan di setiap perpustakaan adalah Senayan Library Management Systems (SLiMS). SLiMS adalah Open Source Software berbasis web untuk memenuhi kebutuhan otomasi perpustakaan. SLiMS menjadi pilihan alternatif, karena penerapannya cukup mudah dan software yang ditawarkan gratis tanpa membutuhkan biaya yang besar untuk mendownload softwarenya. Perpustakaan dituntut untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang ada salah satunya yaitu dengan menerapkan sistem otomasi perpustakaan berbasisi SLiMS. Artikel ini kan membahas mengenai peran teknologi informasi dalam sistem otomasi perpustakaan berbasis SLiMS. Solusi kegiatan pendampingan ini adalah agar Pustakawan dan tenaga perpustakaan SMA di wilayah Kecamatan kedungkandang Malang mampu memahami TIK secara benar dan dapat menerapkannya untuk kepentingan layanan yang menunjang proses pembelajaran di sekolah. Secara rinci, tujuan kegiatan melalui aktivitas pendampingan ini adalah memberdayakan TIK untuk meningkatkan kemampuan Pustakawan dan tenaga perpustakaan di Kecamatan Kedungkandang Malang dalam (1) mengidentifikasi masalah layanan untuk perencanaan TIK, (2) mengembangkan proposal TIK, (3) menerapkan TIK, dan (4) menyusun laporan TIK. Dalam upaya memberdayakan kinerja layanan di perpustakaan, proses pendampingan tersebut dilakukan dengan (1) analisis kebutuhan, (2) penyampaian informasi dan pembekalan, (3) pelatihan, (4) lokakarya, (5) implementasi praktis, (6) penilaian hasil implementasi, dan (7) tindak Lanjut.

Full Text:

PDF

References


Arif, Ikhwan. (2003). "Konsep dan Perencanaan dalam Otomasi Perpustakaan”. Makalah Seminar dan Workshop.

Balqis, Umi Syarifah. (2009). Peran Teknologi Informasi dalam Memajukan Manajemen Berbasis Sekolah (Studi pada MA Ali Maksum Krapyak Bantuk Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Menteri Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Jakarta : Menteri Pendidikan Nasional.

Pendit, Putu Laxman. (2009). Perpustakaan Digital: Kesinambungan dan Dinamika. Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri.

Perpustakaan Nasional RI. (2011). Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Perpustakaan Nasional RI. 2007. Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI.

Suratman. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutabri, Tata. (2013). Komputer dan Masyarakat. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BIBLIOTIKA indexed by:

CROSSREF DOAJ EBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH SINTA RISTEKDIKTI OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3802 (media online) - SK no. 0005.25793802/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License