PENERAPAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS OTOMASI INLISLITE

Andi Asari, Taufiq Kurniawan, Kusubakti Andajani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas implementasi otomasi perpustakaan berbasis INLISLITE di perpustakaan, mulai dari kualitas sistem dan kendala dalam proses implementasi sistem otomasi inlislite. Subyek dari penelitian ini adalah pustakawan perpustakaan sekolah, dan obyek dalam penelitian ini adalah sistem otomasi perpustakaan berbasis INLISLITE. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sistem otomasi INLISLITE merupakan sistem yang tergolong baru dibandingkan dengan sistem otomasi lain seperti SLiMS. Dan sistem  inlislite masih memiliki beberapa kekurangan seperti kandungan informasi yang ada di inlislite masih kurang baik sehingga berdampak kepada pengguna yang kurang puas dalam menerapkan inlislite. Disisi lain inlislite juga masih memiliki keterbatasan dalam penerapnnya karena dalam proses instalasi hanya bisa di sistem operasi windows dan belum bisa diterapkan pada sistem operasi linux atau yang lain. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perpustakaan sekolah memiliki kendala pada SDM dan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi dalam proses penerapan sistem otomasi INLISLITE. Walaupun banyak kendala akan tetapi penerapan sistem otomasi INLISLITE mebawa banyak manfaat bagi perpustakaan dalam mengelola koleksi lebih cepat, biaya lebih ringan, dan hemat tenaga serta lebih efektif dan efisien dalam penyelesaian tugas pengelolaan perpustakaan sekolah.

Full Text:

PDF

References


Asari, A., Kurniawan, T., & Ansor, S. (2019, August). Readiness of Libraries in Applying Information and Communication Technology in the Industrial Revolution Era 4.0. In Annual International Conference of Business and Public Administration (AICoBPA 2018). Atlantis Press.

Bafadal, I. (2015). Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Basuki, S. (2020). Profesi Dan Konsep Pustakawan Dalam Konteks Indonesia. Media Pustakawan, 17(1&2), 75-83.

DeLone, William H and Ephraim R. McLean (2003). “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update”. Journal of Management Information Systems. 19, (4), 9–30. Sumber . (Juli 2019).

Hill, L. L., Carver, L., Larsgaard, M., Dolin, R., Smith, T. R., Frew, J., & Rae, M. A. (2000). Alexandria digital library: user evaluation studies and system design. Journal of the American Society for Information Science, 51(3), 246-259.

Jogiyanto.2007.Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

McGill, Tanya dkk. (2003). “User-Developed Application and information System Succes :A Test of DeLone and McLean’s Model”. Dalam Information Resource Management Journal, 16,(1), 24-25. Sumber . Diunduh (Maret 2019).

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Refrensi (GP Prees Group).

Mukhtar, Ali Masjono. 1999. Audit Sistem Informasi. Jakarta: IKAPI.

Pendit, P. L. (2010). Perpustakaan Digital: Kesinambungan dan Dinamika. Jurnal Pustakawan Indonesia, 10(1).

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 2014. User Manual INLIS Lite Versi 2.1.2 (Integrateg Library System). Jakarta. ( Mei 2019) di http://inlislitev2.perpusnas.go.id/

Petter, E. A., Gershman, S. J., & Meck, W. H. (2018). Integrating models of interval timing and reinforcement learning. Trends in Cognitive Sciences, 22(10), 911-922.

Suwarno, Wiji. 2010. Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Pustakawan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wicaksono, Hendro. “Senayan Library Management System (SLiMS).” Accessed February 2019. http://perpustakaan.kemdikbud.go.id/perpus/?page_id=224.

Wenige, L., & Ruhland, J. (2018). Retrieval by recommendation: using LOD technologies to improve digital library search. International Journal on Digital Libraries, 19(2-3), 253-269.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v4i22020p246-252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic