PENERAPAN BRAND POSITIONING TERHADAP EFEKTIFITAS KUNJUNG ANGGOTA PERPUSTAKAAN: STUDI KASUS PERPUSTAKAAN KHUSUS PERTANIAN DI INDONESIA

Hendra Wicaksono

Abstract


Brand Positioning merupakan salah satu proses dari branding yang membuat perusahaan mengahasilkan posisi kompetitif yang bermakna dan berbeda dalam pikiran target pelanggan. Positioning menjadi penting karna tingkat kompetisi yang cukup tinggi, sehingga perusahaan dapat berada di posisi kompetitif yang bermakna dan berada di benak masyarakat. Minat Kunjung merupakan suatu keinginan yang mendorong untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) merupakan salah satu perpustakaan khusus di Indonesia yang menyediakan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan subjek pertanian. oleh karena itu, penelitian ini mengenai Pengaruh Brand Positioning Terhadap efektifitas Minat Kunjung Pemustaka di PUSTAKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand positioning dalam meningkatkan minat kunjung di PUSTAKA. Diperoleh reponden dengan sempel 47 orang. Pengumpulan data melalui : observasi, kuesioner dan studi literature. Hasil penelitian menunjukan; (1) Terdapat pengaruh Brand Positioning terhadap minat kunjung di PUSTAKA Bogor, (2) Hasil analisis Likert dalam penelitian ini memiliki rata-rata yang tinggi, tidak ada jawaban yang memiliki hasil netral, rendah ataupun sangat rendah. tetapi jika dilihat hasil korelasinya penelitian ini memiliki hasil 0,598 yang berarti sedang dan hasil regresinya yaitu 0,134 atau lemah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic