TINGKAT KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Efri Yunita, Desriyenni Desriyenni

Abstract


Peningkatan layanan perpustakaan yang berdampak positif terhadap tingkat kepuasan pemustaka, pemustaka, dan ingin berkunjung kembali keperpustakaan. Karena itu, layanan perpustakaan yang baik diperlukan untuk menciptakan komunikasi verbal dan non verbal yang ramah dalam proses komunikasi dengan pemustaka. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan. Pertama, komunikasi verbal pustakawan dalam melayani pemustaka secara total positif. Hasil tersebut diketahui dari skort yang didapat dengan cara yang 3,73 dalam kategori baik. Kedua , ,komunikasi non verbal pustakawan dalam melayani pemustaka secara total positif. Hasil tersebut diketahui dari skort yang didapat dengan cara yaitu 3.80 dalam kategori baik. Ketiga , tingkat kepuasan pemustaka terhadap komunikasi verbal dan non verbal secara total adalah positif. Hasil tersebut diketahui dari skor rata-rata yang didapat dengan cara 3,72 dalam kategori baik. Artinya menurut pemustaka tingkat kepuasan pemustaka terhadap komunikasi verbal dan komunikasi komunikasi non verbal yang sudah sesuai harapan pemustaka dan bernilai baik dan pemustaka merasa “puas” terhadap layanan yang diterima. Namun, masih terdapat indikator yang belum sesuai dengan harapan pemustaka.

 

Kata Kunci : kepuasan pemustaka, komunikasi verbal, komunikasi non verbal


Full Text:

PDF

References


Andayani, Sri. 2017. “Komunikasi Non-Verbal Pustakawan Sebagai Penyaji Informasi.” Libria, 9 (2): 173–82. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/viewFile/2397/1737.

Desak Putu Yuli Kurniati. 2016. "Modul Komunikasi Verbal dan Non Verbal,” 16. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_dir/a3a4fc3bf4ad19b0079f4a31c593398b.pdf.

Fatmawati, Endang. 2013. Matabaru Penelitian Perpustakaan Dari SERQUAL ke LibQUAL +TM. Diedit oleh 1. Jakarta: Agung Seto.

Hafied Canggara. 2019. Pengantar Ilmu Komunikasi. 4 ed. Depok: Rajawali Pres.

Irianti, Pergola. 2017. “Kepuasan Pemustaka Terhadap Fasilitas Perpustakaan di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.” Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi 13 (1): 47. https://doi.org/10.22146/bip.16757.

Irkhamiyati. 2014. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Komunikasi Non Verbal Pustakaewan Stikes’ Isyiyah Yogyakarta.” Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi 10 (1). https://jurnal.ugm.ac.id/bip/article/view/7743/5993.

KBBI. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kotler, Philips. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.

Kusumawati, Tri Indah. 2016. “Komunikasi Verbal Dan Nonverbal.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 6 (2): 83–98. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/6618.

Laksana, Muhibudiman Wijaya. 2015. Psikologi Komunikasi: Membangun Komunikasi yang Efektif dalam Interaksi Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Lasa H. 2014. Kamus Kepustakawanan Indonesia (Edisi Revisi). Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah.

Widuri, Noorika Retno. 2015. “Komunikasi Non Verbal Sebagai Upaya Optimalisasi Layanan Perpustakaan.” pustakawan 22 (2): 7. http://lipi.go.id/publikasi/komunikasi-non-verbal-sebagai-upaya-optimalisasi-layanan-perpustakaan/7757.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic