PENYEBAB DAN PENANGANAN PLAGIARISME DI KALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Tiara Kusuma Astuti, Itoh Nur Sari, Karniasih Ramadhani, Syifa Restania Putri, Zulkardi Zulkardi, Novita Sari

Abstract


This study aims to know the cause and prevent plagiarism for mathematics education students. The method in this study isqualitative with a literature study analysis technique approach. This study shows thatthe causes of plagiarism are the low self-confidence in writing works with their own thoughts, bad habits in learning, and think that doesn’t lead to learning process. 

Full Text:

PDF

References


Abad-Gracia, M. F. (2018). Plagiarism and Predatory Journals: A Threat to Scientific Integrity. Anales de Pediatria (English Edition), Volume-90, Issue-1.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Gustapraja. (2011). Kehadiran Mahasiwa di Kelas Kebutuhan atau Kewajiban. https://www.google.com/amp/s/gustapraja.wordpress.com/2011/08/13/kehadiran-mahasiswa-di-kelas-kebutuhan-atau-kewajiban/amp. Diakses pada 10 Mei 2021.

IEEE. (2016). Identifying Plagiarism. https://www.ieee.org/publications_standards/

publications/rights/ID_Plagiarism.html. Diakses pada 10 Mei 2021.

Munawwarah, R. (2016). Tingkat Plagiarisme di Kalangan Pustakawan.

Nugroho, S. P. (2014). Etika Penulisan Ilmiah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. 16 Agustus 2010. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 Tahun, Jakarta.

Pusparinda, L., & Santoso, I. B. (2016). Studi Literatur Perencanaan Floating Treatment Wetland di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, Volume-5, Issue-2

Rafita, Y. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecurangan Akademik (Titip Absen) pada Mahasiswa S1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia. Khazanah, Volume-5.

Rahayu, M. M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Daerah Binaan II Kecamatan Ajibarang Banyumas. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang.

Rismen, S. (2015). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Penyelesaian Skripsi Di Program Pendidikan Matematika STKIP PGRI. Dalam LEMMA: Letters Of Mathematics Education, Volume-1.

Santoso, H. (2015). Pencegahan dan Penanggulangan Plagiarisme dalam Penulisan Karya Ilmiah di Lingkungan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Volume-1, 1-23.

Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, Volume-27, Issue-1.

Sibomana, Emmanuel, Irenee, Ndayambaje, & Emmanuel U. (2018). Plagiarism in higher education environtment: causes and solution. Rwandan Jurnal of Education, Volume-4, Issue-2.

Sprajc, Polona, Marko U., Janja J., & Dragan T. (2017). Reasons for Plagiarism ini Higher Education. Journal of Management, Informatic and Human Resources, Volume-50, Issue-1.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuntitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Suwanti, Vivi & Fayeldi, Trija. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Pembuktian Pernyataan Matematika. Dalam Jurnal Tadris Matematika, Volume-1

Wahyudi, A. Plagiarisme dan Cara Menghindarinya. filsafat.ugm. https://filsafat.ugm.ac.id/aw/.

Zarnur, M. (2012). Plagiarisme di kalangan Mahasiswa Dalam Membuat Tugas-Tugas Perkuliahan Pada Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang. Dalam AL-TAA’LIM-journal Faculty of Islam Education and Teacher Training IAIN Imam Bonjol Padang, Volume-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic