PERAN LITERASI ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN ANAK

Berlian Pancarrani, Isma Wakhidatul Amroh, Yunita Noorfitriana

Abstract


Pada abad 21 ini, kebutuhan terpenting dalam setiap individu adalah kompetensi, karakter, dan literasi. Kebutuhan tersebut dapat diterapkan melalui pendidikan dasar yang diberikan oleh orang tua di rumah. Pendidikan dasar yang diberikan oleh orang tua dapat menjadi bekal anak dalam menghadapi lingkungan yang lebih besar. Orang tua di rumah, seharusnya mempunyai persepsi yang baik mengenai kegiatan literasi. Hal itu disebabkan, literasi merupakan kebutuhan yang paling penting di era revolusi industri keempat atau yang disebut revolusi digital ini. Bila dilihat, kegiatan literasi di sekolah dapat dipandang sebagai kegiatan yang berfungsi sebagai “tempelan”, karena durasinya yang hanya 15 menit. Melalui kegiatan literasi yang dibangun dalam lingkungan keluarga, tentu akan berpengaruh dalam perkembangan berbahasa dan pola pikir anak. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka orang tua dapat dikatakan berhasil dalam membentuk individu yang dibutuhkan dalam abad 21. Tahap selanjutnya, anak dapat mengembangkan kompetensi melalui kegiatan belajar mengajar di sekolah dan di masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Bright Horizons Family Solutions. 2014. How to Develop Critical Thingking Skill in Kids. Watertown: Family Solution Center.

Bisri, H. 2016. Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Jujur Pada Anak Didik (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 3 Min Malang 2). Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UIN Maliki Malang.

Chomsky, C. 1976. Creativity and Innovation in Child Language. Journal of Education, (Online), 158 (2): 37-42, (http://www.bu.edu), diakses 13 September 2017.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2008. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Dewar, G. 2012. Teaching Critical Thingking: An Evidence Based Guide. Parenting Science, 34 (1). (Online), (www.parentingscience.com), diakses 10 Oktober 2017.

Edwards, P. A. 1995. Empowering low-income mothers and fathers to share books with young children. The Reading Teacher, (Online), 48 (7): 558-564, (www.proquest.com), diakses 10 Oktober 2017.

Halimah, D. N. 2015. Peran Seorang Ibu Rumah Tangga dalam Mendidik Anak. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Iriantara, Y. 2013. Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaimana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Karther, D. 2002. Fathers with Low Literacy and Their Young Children. The Reading Teacher, (Online), 56 (2): 184-193, (www.proquest.com), diakses 10 Oktober 2017.

Lestari, L. 2017. Pola Asuh Ayah Dalam Pembentukan Karakter Anak (Studi Mutikasus Terhadap Putra-Outri Tenaga Kerja Wanita Di Luar Negeri Di SDN Jambangan 02 Dan SDN Jambangan 03 Dampit Kabupaten Malang). Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UIN Maliki Malang.

Ruhaena, Lisnawati. 2015. Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi, (Online), 42 (1): 47-60, (http://id.portalgaruda.org ), diakses 3 Oktober 2017.

Makin, L. & Whitehead, M. 2004. How to Develop’s Children Early Literacy. London, California, New Delhi: Sage Publishing Ltd.

Megawangi, R. 2003. Pendidikan Karakter untuk Membangun Masyarakat Madani. Depok: IPPK Indonesia Heritage Foundation.

Mullis, I., Martin, M., Kennedy, A., & Foy, P. 2007. Progress in International Reading Literacy Study: PIRLS. Chestnut Hill: TIMMS & PIRLS International Study Centre.

Palupi, R. H. 2017. Happy Little Soul. Jakarta: Gagas Media.

Rashid, F.L., Morris, R. D., & Sevcik, R. A. 2005. Relationship between Home Literacy and Reading Achievement in Children with Reading Disabilities. Journal of Learning Disabilities, (Online), 38 (1): 2-11, (www.proquest.com), diakses 10 Oktober 2017.

UNICEF Indonesia. Kajian Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. 2012. (Online), hlm:1 (https://www.unicef.org), diakses 10 Oktober 2017.

Stricland, D. S. 2004. The Role of Literacy in Early Childhood Education. The Reading Teacher, (Online), 58(1): 85-88, (www.proquest.com), diakses 10 Oktober 2017.

Wells, B. 1987. Apprenticeship in Literacy. Interchange A Quarterly Review of Education, (Online), 18 (1-2): 109-123, (https://link.springer. com/journal/10780), diakses 3 Oktober 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v1i22017p023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic