KORELASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KELOMPOK ILMIAH REMAJA (KIR) DENGAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI

Pungky Septiriani, Muakibatul Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengukur kualitas kegiatan ekstrakurikuler KIR siswa, kemampuan literasi informasi siswa, dan hubungan kualitas kegiatan ekstrakurikuler KIR dengan kemampuan literasi informasi siswa. Penelitian dengan metode kuantitatif korelasional ini menyimpulkan bahwa mayoritas siswa memiliki kualitas KIR dengan klasifikasi cukup, kemampuan literasi informasi siswa memiliki kualifikasi cukup, dan terdapat hubungan positif antara kegiatan ekstrakurikuler KIR dengan kemampuan literasi informasi siswa.

Full Text:

PDF

References


Aedi, Nur. Instrumen Penelitian dan Pengumpulan Data, (Online), (http://file.upi.edu) diakses pada 3 Juni 2017.

CONUL. 2004. Integrating Information Literacy Into the Curriculum. New Zeland: CONUL Advisory Committee on Information Literacy (ACIL).

Foster, Nancy Fried. 2014. Information Literacy and Research Practices, (Online), (http://www.sr.ithaka.org) diakses 4 Juni 2017.

Harsiati, Titik. 2011. Penilaian dalam Pembelajaran. Malang: UM Press.

Hidayati, Umi. 2011. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa MAN Brebes 1, (Online), (http://lib.unnes.ac.id) diakses 1 Juni 2017.

Nurchasanah dan Lestari, Ida. 2013. Dasar-dasar Menulis Karya Ilmiah: Bahasa Indonesia Keilmuan. Malang: Aditya Media.

Samiā€™an. 2006. SPSS Korelasi, (Online),(http://samianstats.files.wordpress.com) diakses 4 Juni 2017.

Setyowati, Lis. 2015. Literasi Informasi Dilihat dari Perspektif Modal Manusia. (Online), (journal.stainkudus.ac.id) diakses 4 Juni 2017.

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukino.2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer.

Suparno dan Yunus, Mohamad. 2011. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Supriatna, Mamat. 2010. Pendidikan Karakter Melalui Program Ekstrakurikuler,(Online), (http://file.upi.edu) diakses 2 Juni 2017.

Riadi, Edi. 2016. Statistika Penelitian: Analisis Manual dan IBM SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi

Wardani, I.G.A.K dkk. 2006. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wijayanty, Erliya. 2012. Kemampuan Literasi Informasi Siswa di SMP Negeri 4 Depok (Online). (http://lib.ui.ac.id) diakses 1 Juni 2017.

Zainurrahman. 2011. Menulis: dari Teori hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF DOAJ EBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH SINTA RISTEKDIKTI OpenAIRE COPAC Libraries Search Western Theological Seminary University of Oxford Portal Garuda

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3802 (media online) - SK no. 0005.25793802/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License