PENDAMPINGAN PUSTAKAWAN SEKOLAH LAB UM DALAM IMPLEMENTASI SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS OPENSOURCE

Taufiq Kurniawan, Inawati Inawati, Amalia Nurma Dewi, Adi Prasetyawan

Abstract


Implementasi teknologi informasi sangat diperlukan oleh pustakawan, karena dalam kegiatan layanan berbasis TIK di perpustakaan, selalu ada persoalan yang dihadapi. Adanya perbedaan/kesenjangan antara harapan pustakawan dengan keadaan sebenarnya yang terjadi di perpustakaan akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan perpustakaan sekolah. Oleh karena itu, masalah-masalah yang terjadi di perpustakaan harus dicari alternatif pemecahannya agar kegiatan layanan dapat berjalan secara efektif dan efesien. Dengan demikian, hakekat implementasi teknologi informasi yang dilakukan pustakawan adalah untuk meningkatkan kualitas layanan di perpustakaan sehingga kebutuhan informasi dari pemustaka atau siswa untuk menunjang pembelajaran meningkat sesuai dengan yang diharapkan.

Keywords: sistem otomasi, perpustakaan sekolah, opensource

Full Text:

PDF

References


Arif, Ikhwan. (2003). "Konsep dan Perencanaan dalam Otomasi Perpustakaan”. Makalah Seminar dan Workshop.

Balqis, Umi Syarifah. (2009). Peran Teknologi Informasi dalam Memajukan Manajemen Berbasis Sekolah (Studi pada MA Ali Maksum Krapyak Bantuk Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Menteri Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Jakarta : Menteri Pendidikan Nasional.

Pendit, Putu Laxman. (2009). Perpustakaan Digital: Kesinambungan dan Dinamika.

Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri.

Perpustakaan Nasional RI. (2011). Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Perpustakaan Nasional RI. 2007. Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI.

Suratman. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara. Sutabri, Tata. (2013). Komputer dan Masyarakat. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic